Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 30 Juni 2015

By on June 30, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 391 kali

Market Review Hari Ini – Pergerakan emas kembali lagi dibawah level $ 1180 sesi asia pagi ini, setelah kemarin sempat menguat hingga $ 1187. Situasi Yunani yang mendekati default karena tidak mendapatkan bailout untuk membayar hutang ke IMF sebesar 1,6 milliar Euro yang jatuh tempo hari ini ( 30 Juni ) kemungkinan tersingkirnya Yunani dari zona eropa kian terbuka lebar. Negosiasi dengan pihak kreditur yang dilakukan akhir pekan lalu gagal membuahkan kesepakatan. Emas biasanya menjadi safe haven ditengah situasi ketidakpastian ekonomi dan keuangan namun pergerakan menguatnya emas juga terbatasi oleh prospek kenaikan suku bunga US yang akan dilakukan bulan September. Disisi lain investor emas juga memperhatikan data US minggu ini yaitu rilis data nonfarm payrolls yang akan dirilis hari kamis jam 19.30 wib dikarenakan hari jumat ini market US libur oleh Independence Day. The Fed juga perlu melihat hasil data nonfarm payrolls bulan ini sampai bulan September untuk memutuskan kenaikan suku bunga US. Secara teknikal, Jika sentiment kembali negative, emas akan koreksi diarea support $ 1172 dan $ 1166. Jika sentiment kembali positif, emas akan mencoba meraih resistance $ 1195 dan kemungkinan akan test ulang $ 1200.

Crude Oil kembali melemah setelah situasi Yunani gagal mendapatkan bailout untuk membayar hutangnya ke IMF. Crude oil melemah hingga mendekati level $ 58.00. Dollar US yang menguat seiring kecemasan situasi Yunani telah membuat harga Crude Oil sulit bergerak naik. Disisi lain investor minyak juga terfokuskan pada perundingan Iran dan enam Negara kekuatan dunia mengenai nuklir Iran dan hari ini adalah tenggat waktu hari ini jika masih belum menemui kesepakatan berpotensi berlanjut melebihi tenggat waktu. Jika sanksi di cabut, Iran siap mengekspor minyak mentah ke beberapa Negara di dunia dan hal ini bisa menambah pasokan minyak secara global. China dikabarkan siap membeli minyak Iran. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan mencoba test support $ 57.77 dan memicu ke $ 57.28. Jika sentiment kembali positif, kemungkinan harga crude oil akan mencoba menutup gap yang ditinggalkan kemarin menuju area $ 59.60 dan akan mencoba kembali meraih harga $ 60.00-an

Berbagai komentar mengenai default Yunani dari berbagai pejabat eropa yang optimis bahwa Zona Eropa akan tetap eksis meskipun Yunani akan keluar dari Zona Eropa. Yunani akan menjadi Negara pertama yang keluar dari zona Eropa. Berbagai komentar tersebut direspon oleh penguatan Euro terhadap Dollar US bahkan pergerakan euro berhasil menutup gap yang ditinggalkan pada saat open market senin kemarin. Yunani dipastikan keluar dari zona Eropa karena tidak mendapatkan bailout dari para kreditur untuk membayar hutangnya ke IMF sebesar 1,6 miliar Euro. ECB menghentikan bantuan likuiditas darurat untuk Yunani, menyebabkan bank swasta tidak bisa beroperasi. Perdana Menteri Yunani berencana menggelar referendum pada 5 Juli nanti meminta pendapat rakyat Yunani, apakah menerima bailout atau tidak. Euro terhadap dollar US menguat hingga 1.1276.

Sementara itu Swiss National Bank (SNB) mengintervensi pasar mata uang selama akhir pekan sebagai upaya untuk meredam apresiasi Swiss Franc secara berlebihan ditengah ketidakpastian masa depan keuangan Yunani, seperti yang dinyatakan Gubernur SNB di hari Senin. Default Yunani kemungkinan besar akan memicu peralihan arus modal safe haven ke mata uang Swiss Franc sehingga memaksa SNB untuk mengambil tindakan. Gubernur SNB, Thomas Jordan menyatakan default Yunani sebenarnya bukan merupakan skenario dasar SNB, namun bank sentral telah menyiapkan diri terhadap event tersebut. Demikan juga dengan sterling yang mengalami penguatan terhadap dollar US, memburuknya krisis Yunani membawa sterling kembali diatas level 1.57000. resistance berada kisaran 1.57920 dan support berada diarea 1.56660.

Indeks Saham Hangseng dibuka menguat dan mengabaikan indeks yang ada di Wall Street yang semalam turun seiring mengingkatnya status Yunani yang mendekati default karena tidak mendapatkan bailout untuk membayar hutang kepada IMF sebesar 1,6 miliar euro. Secara teknikal jangka pendek, indeks saham hangseng masih bearish, support 25500 diuji jika sentiment negative mengikuti pergerakan Wall Street. Sedangkan resistance berada diarea 26240.

news

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart EURJPY time frame 15 menit, terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan penurunan ke 136.40

Klik gambar untuk memperbesar

EURJPYM15

 

Pada Chart XAUUSD  time frame 15 menit  terlihat Triangle, Kemungkinan kenaikan ke 1182.20

Klik gambar untuk memperbesar

XAUUSDM15

 

Pada Chart EURUSD time frame 240 menit, terlihat Formasi Channel Down, Kemungkinan kenaikan ke 1.1330

Klik gambar untuk memperbesar

EURUSDH4