Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 3 September 2015

By on September 3, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 353 kali

Market Review Hari Ini – Emas perlahan mulai melemah seiring penguatan Dollar US oleh data ekonomi yang mengesankan. Investor melirik pasar saham dengan harapan dapat memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dan mengurangi investasinya dalam pasar emas. Pamor emas mulai luntur setelah emas mengalami penguatan selama 4 hari perdagangan. Pasar tenaga kerja AS masih cukup kuat untuk menjadi pertimbangan Federal Reserve menaikkan suku bunga di tahun ini. Namun peluang kenaikan suku bunga di bulan September menurut pelaku pasar kini sebesar 32%, turun dari 38% pada hari Senin. Automatic Data Processing Inc. melaporkan selama bulan Agustus sektor swasta AS merekrut 190.000 pekerja, jumlah tersebut lebih rendah dari perkiraan ekonom sebesar 204.000. Data ini biasanya digunakan sebagai gambaran data non-farm payrolls hari Jumat. Secara teknikal, Jika sentiment negative, kemungkinan emas akan test level $ 1130 dan jika berhasil ditembus akan memicu harga untuk test level selanjutnya $ 1120. Jika sentimen positif, kemungkinan harga emas akan kembali test resistance $ 1148 dan jika ditembus akan memicu test level selanjutnya ke $ 1154.

Semalam EIA ( Energy Information Administration ) melaporakan stok minyak di Amerika mengalami kenaikan sebesar 4,7 juta barel sedangkan beberapa jam sebelumnya laporan API ( American Petroleum Institute ) melaporkan stok minyak Amerika mengalami peningkatkan sebesar 7,6 juta barel. Harga minyak sempat terkoreksi seiring laporan dari EIA hingga level $ 43.21 namun minyak kembali naik seiring beberapa saham pertambangan dan energy mengalami penguatan seiring Dollar US kembali rebound oleh beberapa data domestic Amerika. Minyak mengalami penguatan hingga level $ 46.75 pada sesi perdagangan Amerika semalam. Secara teknikal, jika sentiment negative, Kemungkinan harga Crude Oil akan test support $ 45.00 dan jika berhasil ditembus akan memicu harga bergerak ke support berikutnya $ 44.00. Jika sentiment positif, kemungkinan minyak akan kembali diatas level $ 47 dan resistance $ 47.50

Aussie masih bergerak di dekat psikologis level 0.70000, aussie melemah dilevel rendah 6 tahun terakhir seiring kecemasan mengenai perekonomian domestik dan China. Hari ini bursa China dan Hongkong libur jadi pergerakan aussie dalam kisaran range. Data ekonomi dari benua Australia yang pagi ini dirilis adalah retail sales dengan hasil -0.1% lebih rendah dibandingkan ekspektasinya 0.4% sedangkan trade balanace -2.4 miliar lebih baik dibandingkan ekspektasinya -3.1 miliar. Aussie terkoreksi dari level 0.70039 ke 0.70008.

Sementara itu Sterling masih tampil defensif pada hari Rabu, menyentuh level terendah dalam hampir selama 3 bulan terhadap dollar seiring investor terus meyakini bahwa Bank of England tidak akan menaikkan suku bunga hingga tahun depan. Laporan aktivitas sektor konstruksi Inggris yang dirilis hari Rabu menunjukkan kenaikan tipis pada aktivitas bulan lalu namun berada di bawah estimasi ekonom, memicu keyakinan bahwa laju pertumbuhan sedang melambat. Data ekonomi dari Inggris nanti yang dirilis adalah Servive PMI jam 15.30 wib. Sedangkan pergerakan Euro akan diuji hari ini dengan diumumkan rate dari ECB dan pidato dari Gubernur ECB, Mario Draghi.

Wall Street menguat pada hari Rabu, perhatian investor tertuju pada stabilnya bursa global, data ekonomi domestik, dan harga minyak. Bursa AS melesat di awal perdagangan, kemudian memangkas penguatan dan kembali rebound mengikuti pergerakan harga minyak mentah. Ditengah kecemasan akan pelambatan ekonomi China, pasar kini memperkirakan peluang kenaikan suku bunga The Fed bulan ini sebesar 32%, turun dari 38% pada hari Senin. Para pembuat kebijakan The Fed memiliki waktu kurang dari dua minggu sebelum memutuskan menaikkan atau mempertahankan suku bunga. Indeks S&P 500 dan Dow Jones masing-masing menguat 1,8% menjadi 1.948,86, dan 16.361,45. Nasdaq memimpin penguatan setelah naik 2,5% menjadi 4.749,98.

news

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart XAUUSD time frame 60 menit, terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan penurunan ke 1128.50

Klik gambar untuk memperbesar

XAUUSD.mH1

 

Pada Chart AUDUSD time frame 15 menit  terlihat Formasi Channel UP,  Kemungkinan penurunan ke 0.69900

Klik gambar untuk memperbesar

AUDUSD.mM15

 

Pada Chart USDCHF time frame 15 menit, terlihat Formasi Rising Wedge, Kemungkinan penurunan ke 0.96670

Klik gambar untuk memperbesar

USDCHF.mM15

 

Pada Chart AUDJPY time frame 15 menit  terlihat Formasi Channel UP,  Kemungkinan penurunan ke 84.20

Klik gambar untuk memperbesar

AUDJPY.mM15