Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 23 Februari 2016

By on February 23, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 214 kali

Market Review Hari Ini – Reboundnya bursa Asia dan Eropa pada perdagangan kemarin, telah memaksa emas kembali mendekati level $ 1200. Selain faktor menguatnya bursa saham, faktor lain yang turut berperan melemahkan emas adalah penguatan Dollar AS dan kenaikan harga minyak. Inflasi AS bulan januari yang mendorong Dollar AS kembali menguat terhadap komoditas dan mata uang rivalnya. Penguatan Dollar AS dapat membuat emas yang berdenominasi Dollar AS dinilai menjadi lebih mahal bagi pembeli pemegang mata uang lain. Sementara penguatan aset berisiko cenderung berkorelasi negatif dengan emas yang lebih diuntungkan dalam sentimen risk aversion. Namun demikian, sentimen investor terhadap emas masih cenderung bullish. SPDF Gold Trust, Exchange-Traded Fund (ETF) berbasis emas terbesar dunia, mancatatkan inflow besar hanya pada hari Jumat saja, yaitu 19,33 ton yang menjadi level tertinggi sejak bulan Mei tahun lalu. Inflow ke dalam SPDR ETF sejak awal tahun ini juga telah menutupi kuantitas outflow yang tercatat dalam periode sepanjang tahun 2015. Secara teknikal, jika sentiment negative masih mempengaruhi pergerakan emas, kemungkinan emas akan kembali test support $ 1200 dan support berikutnya $ 1190. Jika sentiment positif, emas kemungkinan akan test resistance $ 1223 dan $ 1236.

Spekulasi turunnya produksi minyak shale Amerika telah membawa angin segar bagi pelaku minyak sehingga membuat harga minyak kembali menguat hingga level $ 33.82. Pemerintah China menginformasikan adanya penurunan impor minyak mentah. Disisi lain laporan IEA menunjukkan resiko kenaikan harga minyak di periode akhir outlook (2017 hingga 2021) berkat berkurangnya tingkat investasi seiring banyak produsen minyak di seluruh dunia mencoba meredam dampak penurunan harga minyak dengan memangkas biaya dan menutup rig minyak. Selain itu beberapa saham pertambangan mengalami kenaikan pada perdagangan kemarin sehingga membuat harga minyak kembali rebound. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga minyak akan menguji support $ 30.80 dan support berikutnya $ 30.00. Jika sentiment positif, kemungkinan harga minyak akan menguji resistance $ 34.20 dan resistance berikutnya $ 35.00.

Penguatan Aussie berhasil menembus level psikologis 0.72 berkat kenaikan harga bijih besi, pasar saham, dan menantikan pertemuan G-20 pada akhir pekan ini. Penguatan Aussie di awal sesi tertopang kenaikan harga bijih besi yang diimpor ke China yang melompat lebih dari 5% untuk mendekati $50 per ton, pertanda kenaikan permintaan. Bijih besi merupakan komoditas utama Australia.

Sterling melemah terhadap Dollar AS pada perdagangan hari senin seiring dukungan walikota London Boris Johnson terhadap “Brexit” menambah kecemasan bahwa Inggris beresiko besar untuk meninggalkan Uni Eropa. Pasca reaksi positif terhadap keberhasilan Perdana Menteri David Cameron mencapai kesepakatan dengan Uni Eropa pada hari Jumat yang akan berujung di penentuan pada referendum tanggal 23 Juni nanti, langkah Johnson bersama dengan sejumlah petinggi senior partai Konservatif memicu aksi jual pada sesi Asia. Pound terjun ke level rendah 3-pekan terhadap dollar setelah pasar Eropa dibuka, turun sekitar 2% dan menuju penurunan harian terbesar dalam 11 bulan dan mulai mendekati level psikologis 1.40000

Indeks Saham Hangseng dibuka dengan open gap down di area 19524. Bursa Wall Street menguat seiring harga minyak yang turut menguat yang menbuat sektor energy menguat.  Indeks Dow Jones naik 1.6%, Indeks S&P 500 menguat 1.46% sedangkan nasdaq naik 1.5%. Secara teknikal, jika sentiment negative kemungkinan indeks saham hangseng akan menguji support 19200 dan jika sentiment positif kemungkinan indeks saham hangseng akan menguji resistance 19750.

newsssss

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart NZDUSD timeframe 4 Jam, terlihat formasi Channel Down, kemungkinan kenaikan ke 0.67800

Klik gambar untuk memperbesar

NZDUSD.mH4

 

Pada Chart AUDUSD timeframe 4 Jam, terlihat formasi Triangle, kemungkinan kenaikan ke 0.73000

Klik gambar untuk memperbesar

AUDUSD.mH4

 

Pada Chart XAUUSD timeframe 4 Jam, terlihat formasi Triangle, kemungkinan penurunan ke 1175

Klik gambar untuk memperbesar

XAUUSD.mH4

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty