Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 24 April 2015

By on April 24, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,789 kali

Data US yang dirilis semalam membuat dollar mengalami koreksi kembali dan emas kembali bernafas naik kembali, tapi masih dibawah $ 1200. Fokus investor akan tertuju pada FOMC statement yang akan di gelar minggu depan. Rapat regular The Fed diharapkan dapat memberikan petunjuk mengenai kapan The Fed menaikkan suku bunganya setelah melihat beberapa minggu kemarin data ekonomi US kurang begitu mengesankan.

Masalah yunani akan ditentukan hari ini yang mengadakan pertemuan dengan menteri keuangan zona eropa juga menjadi perhatian investor karena ketidakpastian masalah yunani bisa mendorong emas menjadi safe haven. Secara teknikal, jika emas kembali bergerak turun, kemungkinan akan mencoba test $ 1183 dan $ 1178, jika berhasil di lewati kemungkinan emas akan test support berikutnya $ 1168 – $ 1165. Jika terjadi pergerakan ke atas, emas akan mencoba test psikologis price $ 1200 dan kalau mampu bertahan diatas $ 1200, kemungkinan emas akan test $ 1205 dan $ 1210.

Arab Saudi dan sekutunya kembali menyerang yaman meskipun Arab Saudi mengeluarkan pengumumkan serangan udara berakhir tapi kenyataannya masih dilanjutkan serangan udara. Kekhawatiran terganggunya pasokan minyak membuat harga crude oil kembali naik diatas $ 58. Perlu diketahui bahwa yaman bukanlah produsen minyak mentah yang besar akan tetapi yaman merupakan jalur distribusi minyak mentah terbesar melalui selat Bab el Mandeb yang menjadi kontrol akses ke Laut Merah, Terusan Suez dan Pelabuhan Barat Arab Saudi. Pasokan minyak mentah secara  global masih berlimpah apalagi Arab Saudi dan Iran menggenjot produksinya selain itu Amerika juga meningkatkan produksinya. OPEC akan menggelar pertemuan pada bulan Juni dan beberapa Negara mengharapkan pemangkasan output produksi. Secara teknikal, jika harga terus bergerak naik, kemungkinan Crude Oil akan mencoba test psikologis price $ 60 akan tetapi jika terjadi taking profit karena kenaikan sebesar $ 10 selama bulan april, kemungkinan harga akan test $ 54 – $ 53.

Euro kembali naik diatas 1.0800 setelah sempat turun 1.0664. terlihat dalam chart daily selama 5 sesi euro bergerak range 1.0800 – 1.0664 dan hari ini nasib yunani akan ditentukan di hadapan menteri keuangan zona eropa tentu akan membuat bergejolak. Sementara itu sterling kembali naik diatas $ 1.5000 setelah laporan penjualan ritel yang kurang mengesankan, dengan memanfaatkan koreksi dollar karena data ekonomi US yang kurang mengesankan. Sterling berusaha untuk bertahan di atas $ 1.5000. BOE juga memikirkan tentang suku bunga tapi pejabat BOE perlu melihat beberapa bulan mendatang tingkat inflasi dan beberapa data ekonomi lainnya. BOE minute menunjukkan semua anggota sepakat mendukung untuk mempertahankan kebijakannya dan belum saatnya menaikkan suku bunga.

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart AUDUSD time frame M30 terlihat pola Pennant dan sudah tembus support trendline. Kemungkinan harga mencapai target 0.7746

Klik gambar untuk memperbesar

AUDUSDM30

 

Pada Chart XAGUSD time frame M15 terlihat pola Segitiga dan jika  tembus support trendline. Kemungkinan harga mencapai target 15.75

Klik gambar untuk memperbesar

XAGUSDM15