Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 22 Januari 2016

By on January 22, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 250 kali
ECB

Market Review Hari Ini – Emas kembali melemah setelah Presiden European Central Bank (ECB) mengadopsi nada dovish dalam konferensi pers pasca-rapat moneter, menyuarakan petunjuk kuat adanya stimulus moneter tambahan dalam waktu dekat. Preferensi pada aset-aset berisiko juga mendapatkan dukungan dari harga minyak yang menjauhi level terendah harian setelah dalam pekan ini sempat terbenam ke level terendah sejak tahun 2003 karena mengkhawatirkan penumpukan suplai. Permintaan emas fisik di Asia juga melambat pada pekan ini seiring kenaikan harga, menghambat pembelian musiman di China sebelum hari besar dan memaksa penjual di India menawarkan potongan harga. Emas sempat terbenam hingga level $ 1092 namun kembali bangkit. Saat ini emas diperdagangkan di level $ 1098 pada sesi Asia pagi ini.  Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan emas akan test support $ 1087 dan support berikutnya $ 1082. Jika sentimen positif, kemungkinan emas akan test resistance $ 1106 dan resistance berikutnya $ 1111.

Energy Information Administration (EIA) tadi malam merilis laporannya mengenai jumlah suplai minyak mentah di AS bertambah 4 juta barel pada pekan lalu, jauh lebih tinggi dari ekspektasi penambahan 2,8 juta barel. Sedangkan beberapa jam sebelumnya laporan dari American Petroleum Institute (API) menunjukkkan suplai minyak mentah mingguan AS naik 4,6 juta barel. Harga minyak rebound lebih dari $1 per barel dari harga terendah 12-tahun dan membukukan keuntungan harian terbesar untuk tahun ini seiring rally pasar finansial yang menjadi alasan bagi bearish trader untuk mengambil untung dari posisi short yang mencapai rekor. Harga sempat menyentuh level atas $30 per barel berkat harapan peningkatan stimulus moneter dari Eropa yang memicu pemulihan pasar saham di Eropa dan AS. Investor minyak mentah tidak gentar dengan laporan pemerintah AS yang menunjukkan tingkat suplai minyak mentah dan bensin yang mencapai rekor dan lebih besar dari ekspektasi. Sebaliknya, laporan tersebut memicu aksi beli dari trader yang menduga angka aktual akan jauh lebih buruk. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga minyak bergerak diarea support $ 27.54 dan support berikutnya $ 26.30. Jika sentiment positif, kemungkinan minyak test resistance $ 30.70 dan resistance selanjutnya 31.70.

European Central Bank memenuhi harapan dengan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada hari Kamis di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi global, namun mengisyaratkan potensi pelonggaran lebih lanjut di awal Maret. Sementara para analis sebelumnya telah memprediksi jika volatilitas pasar baru-baru ini akan meningkatkan kemungkinan bank sentral untuk menambah langkah kebijakan dalam waktu dekat. Dalam konferensi pers yang digelar pasca pengumuman suku bunga, Presiden ECB Mario Draghi mengatakan bahwa risiko penurunan telah meningkat pada awal tahun ini. “Oleh karena itu kami merasa perlu untuk meninjau dan mungkin mempertimbangkan kembali kebijakan moneter kami pada pertemuan berikutnya di bulan Maret.”

Dollar AS tetap diperdagangkan lebih tinggi terhadap mata uang utama lainnya pada hari Kamis, setelah rilis laporan ekonomi AS yang mixed dan ECB mengisyaratkan kemungkinan langkah-langkah pelonggaran lebih lanjut di bulan Maret. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan jumlah orang yang mengajukan tunjangan awal pengangguran naik 10.000 menjadi 293.000 pada pekan lalu dari sebelumnya 283.000. Namun setiap angka di bawah 300.000 masih dinilai sebagai bukti dari pasar tenaga kerja yang kuat. Analis sebelumnya memperkirakan klaim akan turun 5.000 menjadi 278.000.

Indeks Saham Hangseng dibuka dengan gap up dilevel 19002. Bursa Wall Street Wall Street ditutup menguat pada hari Kamis, memperpanjang pemulihan akhir sesi hari Rabu, terbantu oleh rebound pada harga minyak dan komentar dari Presiden ECB Mario Draghi yang menguatkan ekspektasi adanya stimulus tambahan di zona euro. Indeks utama terlepas dari level tinggi sesi pada tengah hari namun berhasil ditutup menguat. Dow Jones ditutup naik sekitar 115 poin setelah sempat menguat lebih dari 250 poin. Nasdaq mencetak gain tipis, menguat kurang dari 1 poin. S&P 500 meraih penguatan sebesar 1%. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan test support 18500. Jika sentiment positif, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan melanjutkan kenaikan dan test resistance 19250.

news

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart USDJPY time frame 30 menit terlihat Formasi Rising wedge, Kemungkinan penurunan ke 117.300

Klik gambar untuk memperbesar

USDJPY.mM30

 

Pada Chart XAUUSD time frame 60 menit, terlihat Formasi Flag,  Kemungkinan kenaikan ke 1106

Klik gambar untuk memperbesar

XAUUSD.mH1

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty