Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 20 Agustus 2015

By on August 20, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 418 kali

Market Review Hari Ini – Emas melambung naik setelah minutes The Fed mengungkapkan keraguan para pejabat The Fed untuk menaikan suku bunga dalam waktu dekat. Emas berhasil mempertahankan penguatannya hingga sesi asia pagi ini mencapai level $ 1135. Minutes dipublikasikan sedikit lebih awal dibandingkan biasanya, dimana para pembuat kebijakan melihat inflasi masih dibawah target The Fed dan melambatnya pertumbuhan ekonomi China menimbulkan kekhawatiran para pejabat The Fed dalam menentukan sikap terlebih lagi mereka menilai kondisi saat ini belum memadai untuk menaikan suku bunga. Namun disektor tenaga kerja masih ada peluang yang mendukung untuk menaikan suku bunga dalam waktu dekat. Secara teknikal, Jika sentiment negative, resiko adanya aksi taking profit setelah rally naik bisa membuat emas berpeluang test support $ 1121. Jika sentimen positif, respon minutes The Fed bisa berimbas pada sesi Asia dan sesi Eropa hari ini, kemungkinan emas bisa test resistance $ 1140 dan $ 1146

Kondisi harga minyak justru melemah berbeda dengan kondisi emas yang menguat. Laporan EIA yang menyebutkan bahwa stok minyak di Amerika naik 2.6 juta barel jauh melampaui estimasi para analis -0.6 juta barel. Bertambahnya stok minyak Amerika membuat pasokan minyak secara global bertambah melimpah sehingga menambah tekanan bagi harga minyak. Produksi minyak anggota OPEC juga masih tinggi melebihi level output kebijakan OPEC sebesar 30 juta barel perhari. Sementara itu China yang menjadi konsumen terbesar kedua dunia juga mengalami pelambatan ekonomi sehingga permintaan akan minyak mengalami penurunan. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan test support $ 40.00 dan jika berhasil ditembus akan memicu harga bergerak ke support berikutnya $ 39.50. Jika sentiment positif, kemungkinan harga Crude akan test resistance $ 41.50 dan resistance berikutnya $ 42.00

Dollar melemah terhadap mata uang rivalnya seiring Minutes FOMC yang memberikan sinyal keraguan para pejabat The Fed untuk menaikan suku bunga US dalam waktu dekat. Faktor inflasi masih bertahan di bawah target The Fed. Namun disektor tenaga kerja masih ada peluang yang mendukung untuk menaikan suku bunga dalam waktu dekat. Sedangkan melambatnya pertumbuhan perekonomian China berpotensi memiliki dampak terhadap perekonomian US. Sterling menguat hingga 1.57000 setelah hasil Minutes dipublikasikan, data inflasi inggris juga dilaporkan naik melampui estimasi dan komentar pejabat bank sentral David Miles bahwa kenaikan suku bunga BoE semakin dekat telah mendominasi sentimen positif pada Sterling.

Sementara itu Euro terhadap Dollar US yang sempat melemah sesi Eropa kemarin, berhasil naik setelah hasil Minutes FOMC dipublikasikan. Disisi lain yang menguatkan Euro adalah Jerman yang menyetujui bailout Yunani, data inflasi US yang lebih rendah dari perkiraan membuat euro untuk sementara menghentikan penurunan empat hari beruntun. Yunani akan mendapat kucuran dana €86 milyar euro dalam beberapa tahap, dan yang pertama diperkirakan sebesar €13 milyar akan diterima pada hari ini, karena pemerintah Athena harus membayar kewajibannya kepada European Central Bank sebesar 3,4 miliar Euro.

Indeks Saham Hangseng tenang pada pembukaan hari ini. Bursa Wall Street ditutup lebih rendah pada hari Rabu setelah perilisan minutes The Fed lebih cepat dari perkiraan, karena kecemasan atas pertumbuhan global dan kejatuhan harga minyak yang membuat mereka untuk kembali ke jalur pelemahan. Bursa saham sempat memangkas kerugiannya ketika minutes Fed menunjukkan para pembuat kebijakan menilai kondisi untuk suku bunga yang lebih tinggi belum memadai. Sementara itu Shanghai Comp dibuka turun 1%. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan test support 22500. Jika sentiment positif, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan bergerak diarea resistance 23000.

NEWS

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart GBPUSD  time frame 60 menit, terlihat Formasi Falling Wedge, Kemungkinan kenaikan ke 1.5720

Klik gambar untuk memperbesar

GBPUSD.mH1

 

Pada Chart NZDUSD time frame 60 menit  terlihat Formasi Triangle,  Kemungkinan kenaikan ke 0.6660

Klik gambar untuk memperbesar

NZDUSD.mH1