Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 2 September 2015

By on September 2, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 349 kali

Market Review Hari Ini – Setelah rally naik $ 1147, emas akhirnya menyerah sampai level $ 1135 pada sesi asia pagi ini. Meningkatnya indikasi kenaikan suku bunga oleh The Fed kembali membatasi penguatan emas yang sebelumnya dipicu oleh melemahnya bursa saham dan membuat pelaku pasar mencari asset yang lebih aman seperti emas. Pelemahan perekonomian China serta rilis data Nonfarm Payrolls Amerika besok jumat membuat pelaku emas lebih memilih wait and see serta melepas posisi emas. Untuk hari ini akan dirilis data ADP Nonfarm nanti jam 19.15 wib yang biasanya digunakan sebagai gambaran Nonfarm besok jumat. Sementara itu rapat The Fed akan diadakan minggu depan tanggal 16 – 17 september. Secara teknikal, Jika sentiment negative, kemungkinan emas akan test level $ 1130 dan jika berhasil ditembus akan memicu harga untuk test level selanjutnya $ 1123. Jika sentimen positif, kemungkinan harga emas akan kembali test resistance $ 1148 dan jika ditembus akan memicu test level selanjutnya ke $ 1154.

Laporan sektor manufaktur dimulai dari Beijing yang berkontraksi di bulan Agustus, diikuti ekspansi manufaktur di Spanyol, Inggris, dan Amerikan dengan laju yang lebih lambat dibandingkan ekspektasi para ekonom. Laporan mengecewakan dari sektor manufaktur ini ditakutkan dapat menghambat laju perekonomian masing-masing negara sekaligus berdampak pada tingkat permintaan minyak mentah. Konsumen minyak terbesar kedua di dunia, China, melaporkan penurunan aktivitas manufaktur menjadi 49,7 di bulan Agustus dari sebelumnya 50,0 di bulan Juli. Angka 49,7 tersebut menunjukkan kontraksi dan merupakan level terendah dalam tiga tahun terakhir. Minyak rally sampai dilevel $ 49 namun kembali terkoreksi oleh data ekonomi Eropa, Amerika dan China sehingga memicu aksi taking profit setelah rally naik dari level $ 38 ke level 49. Sementara itu API tadi pagi melaporkan persediaan minyak Amerika naik 7,6 juta barel dalam sepekan. Data API ini diawasi secara ketat karena sebagai panduan untuk informasi EIA. Sedangkan EIA akan melaporkan stok minyak Amerika akan dirilis nanti malam jam 21.30 wib. Secara teknikal, jika sentiment negative, Kemungkinan harga Crude Oil akan test support $ 43.50 dan jika berhasil ditembus akan memicu harga bergerak ke support berikutnya $ 43.00. Jika sentiment positif, kemungkinan minyak akan kembali diatas level $ 45 dan $ 46

Aussie melemah hingga level 0.69822 pada sesi perdagangan asia pagi ini, setelah rilis data GDP Australia dengan hasil 0.2 %, lebih rendah dari ekspektasinya dan lebih rendah dari data sebelumnya 0.9%. Aussie kembali mengulang 6 tahun lalu yang jatuh dibawah level 0.70000. Sementara itu berita jajak pendapat dari Yunani partai Syriza 26%, partai demokrasi baru 25%. Pemilu Yunani akan diadakan hari minggu tanggal 20 september. Euro akan kembali diuji menjelang pemilu Yunani.

Dollar US melemah terhadap sebagian besar mata uang lainnya pada hari Selasa, setelah data menunjukkan bahwa aktivitas sektor manufaktur AS bertumbuh dengan laju paling lambat dalam lebih dari 2 tahun di bulan Agustus dan seiring kecemasan prospek pertumbuhan di China terus membuat dollar berada di bawah tekanan. Data yang buruk tersebut menambah keraguan terhadap kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve di bulan September. Investor akan menantikan data tenaga kerja AS bulan Agustus pada hari Jumat, yang akan memberikan kejelasan terhadap peluang kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Indeks Saham Hangseng dibuka dilevel 20807 Sedangkan Shanghai Comp dibuka turun 4.4%. Bursa Wall Street kembali bergejolak pada hari Selasa, kecemasan baru terhadap ekonomi China menekan turun tiga indeks utama hampir 3%, membuat pelaku pasar mulai khawatir akan sell off jangka panjang. Saham-saham sektor energi melemah untuk pertama kalinya dalam lima hari terakhir setelah harga minyak turun pasca rally terbesar sejak tahun 1990 dalam tiga hari. Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 469,68 poin atau 2,8% menjadi 16.058,35. S&P 500 tenggelam 58,33 poin atau 3% menjadi 1.913,85, dan Nasdaq Composite anjlok 140,40 poin atau 2,9% menjadi 4.636,10. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan test support 20400 dan jika di tembus, kemungkinan harga akan test level support selanjutnya 20200. Jika sentiment positif, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan bergerak diarea resistance 21200.

news

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart USDCAD time frame 30 menit, terlihat Formasi Flag, Kemungkinan penurunan ke 1.32050

Klik gambar untuk memperbesar

USDCAD.mM30

 

Pada Chart USDCHF time frame 30 menit, terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan kenaikan ke 0.96500

Klik gambar untuk memperbesar

USDCHF.mM30