Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 15 Juni 2015

By on June 15, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 373 kali

Market Review Hari Ini – Pergerakan emas kemarin jumat berjalan cenderung stagnan antara $ 1184 – $ 1176. Tampaknya investor emas lebih memilih wait and see sambil menunggu keputusan The Fed mengenai kejelasan kapan suku bunga dinaikan. FOMC minggu ini akan digelar kamis pagi jam 01.00 wib yang akan menjadikan perhatian para pelaku pasar seluruh dunia. The Fed belum pernah menaikan suku bunga amerika, terakhir menurunkan suku bunga tahun 2006 dengan bunga nol persen untuk menyelamatkan perekonomian amerika. Kenaikan suku bunga US akan meruntuhkan pamor emas. Sementara itu ketidakpastian situasi Yunani yang sedang negosisasi kreditur juga masih belum menemui titik terang bahkan IMF dan kreditur meninggalkan agenda negosiasi dengan Yunani. Investor tidak terburu-buru untuk safe haven emas ketika situasi politik dan keuangan tidak stabil masih ada FOMC untuk mendapatkan titik terang pergerakan emas selanjutnya.  Secara teknikal, Jika sentiment kembali negative, kemungkinan emas akan mencoba test support $ 1173. Jika sentiment positif, emas kemungkinan akan berusaha meraih kembali level resistance $ 1192.

Sesi Asia pagi ini harga Crude Oil dibuka dengan gap down, persediaan minyak secara global masih berlebihan sementara itu permintaan terus menanjak. Arab Saudi terus menaikan produksinya seiring permintaan minyak mulai naik. India menjadi salah satu importir dari minyak timur tengah. Arab akan terus menaikan produksinya ke level tertingginya dalam beberapa bulan kedepan dan berusaha tetap bertahan diatas level 10 juta barel perhari. Sementara itu minggu lalu jumalh rig aktif di amerika menurun ke level rendah selama 26 pekan. Secara teknikal, jika sentiment negative, harga Crude akan kembali diarea $ 59.00 – $ 58.50. jika sentiment positif, kemungkinan harga Crude Oil akan kembali ke level $ 60 dan 61.00

Sterling berjalan perlahan turun sesi asia pagi ini, jumat kemarin sempat mencapai tinggi 1.5596 terangkat oleh komentar salah satu anggota BOE yang mempunyai hak menentukan kebijakan BOE. Dari sisi teknikal sterling berada di area fibo 61% dari 1.5813 dan 1.5169. FOMC kamis besok tampaknya akan menentukan pergerakan sterling selanjutnya. Sementara itu euro agak gugup di awal minggu ini dibuka dengan gap down, faktor Yunani masih membayangi pergerakan euro dengan batas waktu sampai akhir bulan ini, pihak Yunani harus membayar cicilan pinjaman. Disisi lain pernyataan perdana menteri Jerman sempat membawa euro turun karena kekhawatiran nilai tukar euro yang terlalu kuat hal ini membuat Negara eropa khususnya Spanyol dan Portugal mengalami kesulitan dalam meningkatkan nilai ekspornya. Presiden ECB Mario Draghi akan berbicara hari ini jam 20.00 wib. Yen mencoba naik kembali sesi asia pagi ini, setelah open gap down. Saham – saham jepang yang diawal sesi mengalami penurunan terangkat naik kembali sehingga turut mengangkat yen.

news

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart GBPUSD time frame  60 menit terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan harga naik ke 1.5625

Klik gambar untuk memperbesar

GBPUSDH1

 

 

Pada Chart CLS10C time frame M15 terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan harga naik ke target 60.00

Klik gambar untuk memperbesar

CLS10CM15