Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 15 Juli 2015

By on July 15, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 350 kali

Market Review Hari Ini – Meskipun emas sempat naik sebentar diatas level $ 1159 namun berakhir turun kembali. Range emas semakin sempit seiring beberapa pedagang emas lebih memilih menunggu testimony Gubernur The Fed Janet Yellen yang akan testimony dihadapan House Financial Services Committee US hari rabu dan hari kamis. Kemungkinan akan memberikan lebih banyak gambaran untuk peluang kenaikan suku bunga. Sementara itu data ekonomi US tadi malam, penjualan ritel US diluar perkiraan turun di buan juni sebesar 0.3 % sedangkan penjualan ritel inti yang tidak menyertakan sector otomotif dalam perhitungan dirilis turun sebesar 0.1 % diluar perkiraannya. Emas sempat naik diatas level $ 1159 oleh data penjualan ritel US yang buruk namun kenaikan emas tidak berlangsung lama dan harga emas kembali turun dikisaran $ 1155. Investor emas akan memcermati testimony Jenet Yellen untuk mencari kejelasan mengenai waktu suku bunga dinaikan. Selain itu investor ingin melihat tindakan The Fed terhadap data ekonomi US yang buruk. Secara teknikal, Jika sentiment negative, kemungkinan emas akan kembali test $ 1150 dan $ 1147 jika berhasil ditembus akan memicu test support berikutnya $ 1142. Jika sentiment positif, kemungkinan emas akan test resistance $ 1165 dan $ 1172.

Laporan API ( American Petroleum Institute ) yang dirilis tadi pagi menyebutkan bahwa pasokan minyak mentah amerika mengalami penurunan sebesar 7,3 juta barel sedangkan laporan EIA( Energ Information Aministration ) akan merilis laporan persediaan minyak mentah di Amerika nanti malam jam 21.30 wib. Kesepakatan nuklir Iran dengan enam Negara kekuatan dunia telah mencapai kesepakatan pembekuan program nuklir Iran sebagai ganti penghapusan sanksi ekonomi. Namun timbul keraguan atas kemampuan Iran dalam menaikan produksi minyaknya sehingga mengurangi rasa takut akan semakin banyaknya minyak secara global, karena hal tersebut maka harga Crude Oil tadi malam mengalami rally naik sepanjang sesi amerika berlangsung. Beberapa analis melihat bahwa Iran memang memiliki potensi akan kemampuannya meningkatkan produksi minyak dan hal ini bisa memukul harga minyak. Sementara itu Goldman Sachs memprediksi peningkatan produksi minyak Iran tahun 2017 sedangkan sanksi bantuan untuk Iran mungkin berlaku awal 2016.Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan mencoba test psikologis price $ 51.00 dan $ 50.00 Jika sentiment kembali positif, kemungkinan harga Crude Oil akan kembali bergerak  naik untuk test resistance $ 54.00

Fokus pelaku pasar akan tertuju pada testimony Gubernur The Fed Jenet Yellen di hadapan konggres pada hari rabu dan hari kamis. Pelaku pasar mengharapkan testimony janet Yellen bisa menjelaskan lebih banyak mengenai waktu naiknya suku bunga US. Penjualan Ritel US yang dirilis tadi malam berakhir mengecewakan sehingga menekan pergerakan Dollar US dan ini adalah penurunan penjualan ritel US yang pertama kali dalam empat bulan terakhir. Euro terhadap dollar US masih konsolidasi setelah penurunan tajam seiring deal kesepakatan Yunani dengan kreditur yang akan mengucurkan dana bailout senilai 86 miliyar euro dalam 3 tahun. Sedangkan sterling rally naik seiring pernyataan Gubernur BoE Mark Carney yang mengatakan saat kenaikan suku bunga di Inggris semakin dekat. Berbicara dihadapan parlemen Inggris untuk pertama kalinya sejak pemilu bulan Mei, Carney mengatakan sektor rumah tangga harus bersiap untuk kenaikan suku bunga, meski kenaikan tersebut akan dilakukan bertahap. Jika sentiment positif terus berkembang maka kemungkinan sterling akan bergerak kembali diatas level 1.5700-an namun testimony The Fed juga perlu diperhatikan karena kejelasan waktu kenaikan suku bunga US akan menghambat sterling untuk menguat. Sementara itu seorang analis dari RBS mengatakan sterling dalam kondisi bullish dan target kenaikan ke 1.6070 dan 1.6400. BOJ yang mengadakan pertemuan dalam dua hari ini dan berakhir hari ini akan mengumumkan hasil pertemuannya sekitar pukul 09.30 wib – 10.30 wib sementara itu konferensi pers Gubernur BOJ, akan diadakan sekitar jam 13.30 wib hari ini.

news

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart GBPUSD time frame 15 menit  terlihat Formasi Triangle,  Kemungkinan kenaikan ke 1.5690

Klik gambar untuk memperbesar

GBPUSDM15