Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 14 September 2015

By on September 14, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 315 kali

Market Review Hari Ini – Emas agak gugup menjelang rapat moneter anggota The Fed minggu ini yang akan menentukan pergerakan emas dalam jangka pendek. Pergerakan emas akhir – akhir ini dipengaruhi oleh data ekonomi US dan pergerakan Dollar US. Namun Jumat lalu, Dollar US yang melemah belum mampu mengangkat emas. Tampaknya investor lebih memilih wait and see menjelang rapat The Fed yang akan diadakan mulai tanggal 16 September sampai 17 September. Melambatnya ekonomi China yang bisa mempengaruhi perekonomian dunia termasuk Amerika, akan menjadi agenda pertemuan The Fed dalam menentukan sikap untuk menaikan suku bunga atau tidak. Kenaikan suku bunga cenderung menguatkan dollar dan menekan komoditas yang berdenominasi dollar seperti emas, harga komoditas menjadi lebih mahal bagi pengguna mata uang lainnya. Secara teknikal, Jika sentiment negative, kemungkinan emas akan bergerak di bawah area $ 1100, support selanjutnya $ 1086. Jika sentimen positif dan para buyer memanfaatkan melemahnya Dollar US, kemungkinan emas akan test resistance $ 1115 dan $ 1120.

Baker Huges merilis data yang menunjukkan jumlah rig yang beroperasi di AS berkurang sebanyak 10 menjadi 652 pada 11 September. Minyak diperdagangkan dilevel $ 44.90 sesi asia pagi ini. Menurut laporan bulanan IEA (International Energy Agency), anjloknya harga minyak menutup kilang dengan biaya produksi besar mulai dari Eagle Ford di Texas hingga Rusia dan Laut Utara. IEA mengatakan penutupan sejumlah kilang minyak produsen non-OPEC mungkin akan membuat tingkat produksi turun sebanyak 0.5 juta barel per hari tahun depan, penurunan terbesar dalam 24 tahun. Disisi lain, negara eksportir minyak besar dunia OPEC, dipimpin oleh Arab Saudi, untuk mempertahankan bagian pasarnya dengan tidak memangkas produksi nampak efektif. Secara teknikal, jika sentiment negative, Kemungkinan harga akan kembali dibawah area $ 44.00. Jika sentiment positif, kemungkinan minyak test resistance $ 46.00.

Dollar US  melemah terhadap mayoritas mata uang utama setelah data Indeks Harga Produsen (PPI) yang stagnan di bulan Agustus dan sentimen konsumen bulan September yang mengecewakan membuat pelaku pasar meragukan Federal Reserve akan menaikkan tingkat suku bunga pada minggu ini. Inflasi yang moderat dikombinasikan dengan pasar tenaga kerja semakin kompetitif menjadi pertimbangan dilematis bagi para pejabat Fed dalam menentukan kebijakan moneter saat pertemuan tanggal 16 dan 17 September minggu ini. Tidak hanya itu, hasil survei awal University of Michigan terkait indeks sentimen konsumen AS untuk bulan September secara mengejutkan lebih rendah dari ekspektasi dan menambahkan tekanan pada Dollar US.

Sementara itu Sterling terkoreksi dari level tinggi 2-pekan terhadap dollar pada hari Jumat, namun menuju penguatan mingguan pertama dalam 3 pekan, ditopang oleh pesan optimis dari Bank of England bahwa gejolak pasar belakangan ini tidak akan berdampak pada perekonomian.

Indeks Saham Hangseng dibuka dengan gap up dilevel 21596 sedangkan Shanghai Comp dibuka dengan naik 0,7 %. Sementara itu Bursa saham Wall Street menguat pada hari Jumat kemarin meski harga minyak kembali melemah dan semakin meningkatnya ketidakpastian jelang rapat moneter The Fed minggu ini. Indeks Dow Jones membukukan pekan terbaik sejak bulan Maret. Pergerakan pada hari Jumat sama dengan hari sebelumnya di pekan ini yang memiliki volume transaksi relatif lebih rendah jika dibandingkan pekan-pekan sebelumnya. Beberapa analis mengatakan rendahnya volume akibat minimnya data ekonomi penting sebelum rapat moneter The Fed. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan test support 21300 dan jika di tembus, kemungkinan harga akan test level support selanjutnya 21000. Jika sentiment positif, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan bergerak diarea resistance 21800 dan test psikologis price 22000.

news

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart EURUSD time frame 15 menit, terlihat Formasi Rising Wedge, Kemungkinan penurunan ke 1.13200

Klik gambar untuk memperbesar

EURUSD.mM15

 

Pada Chart USDJPY time frame 15 menit  terlihat Formasi Triangle,  Kemungkinan kenaikan ke 120.950

Klik gambar untuk memperbesar

USDJPY.mM15