Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 14 Agustus 2015

By on August 14, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 331 kali

Market Review Hari Ini – Setelah mencapai level $ 1126, akhirnya emas mengalami koreksi hingga $ 1113. Aksi taking profit yang dilakukan kemarin sejak sesi asia. Minat pembeli asia berkurang disebabkan oleh terus memudarnya minat konsumen di China dan India dalam membeli perhiasan emas, koin dan batangan, meskipun harga tengah berada di sekitar level rendah beberapa tahun. Melambatnya pertumbuhan ekonomi China dan fluktuasi hebat di pasar saham domestic telah meredam minat pembeli dan mereka yang sudah membeli melakukan aksi taking profit seiring harga emas naik selama 5 sesi perdagangan. Disisi lain data ekonomi US yang kembali membaik membawa angin segar bagi Dollar US untuk menguat setelah beberapa kali sesi perdagangan, harga Dollar US mengalami koreksi. Data ekonomi US yang mengesankan kemungkinan akan kembali mendorong The Fed untuk menjalankan rencana menaikan suku bunga US. Menurut analis, sementara devaluasi yuan nampak positif bagi emas dalam jangka panjang jika menstimulasi permintaan emas sebagai safe-haven dari volatilitas mata uang, emas masih rentan terhadap penguatan dollar. Secara teknikal, Jika sentiment negative dan aksi taking profit kembali lagi, kemungkinan emas akan mencoba menembus support $ 1110 dan test support berikutnya $ 1105. Jika sentimen positif dan kembali bergairahnya pembeli emas dari kawasan asia, kemungkinan emas akan test resistance $ 1126 dan memicu test resistance berikutnya $ 1131.

Harga minyak kembali drop setelah data ekonomi US yang mengesankan dan memicu Dollar US kembali menguat. Pertumbuhan ekonomi China yang masih lesu juga menekan harga minyak karena berkurangnya pembelian minyak dari China. Minyak mencapai level rendah $ 41.83 pada sesi perdagangan asia pagi ini ( Monex Trader Platform). Disisi lain faktor yang menekan harga minyak adalah masih berlimpahnya stok minyak secara global belum lagi jika Iran mengekspor minyaknya akan menjadi bertambah stok minyak global sebanyak 100.000 barel perhari berdasarkan laporan dari EIA. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan test support $ 41.50 dan jika berhasil ditembus akan memicu harga bergerak ke support berikutnya $ 41.00. Jika sentiment positif, kemungkinan harga Crude akan test resistance $ 43.00 dan akan memicu harga bergerak ke $ 43.50

Dollar US kembali rebound dari level terendah 1- bulan terhadap Euro di hari Kamis seiring laju pelemahan Yuan mulai memudar, sehingga meredakan kekhawatiran atas keputusan China untuk mendevaluasi mata uangnya sebagai upaya untuk mendongkrak kompetitif produk ekspor. Sentimen market akhirnya mereda setelah beberapa hari terjadi fluktuasi ditengah kekhawatiran fase perang mata uang global. Bank sentral China menyatakan bahwa tidak ada pondasi atas depreasiai mata uang lebih lanjut dan selanjutnya akan melakukan intervensi untuk menyetabilkan harga-harga.

NZD kembali drop hingga level 0.65260 sesi asia pagi ini,data retail sales Selandia Baru yang lebih rendah dari data sebelumnya telah membawa NZD melemah terhadap Dollar US. Bank Sentral Selandia Baru kemungkinan akan memangkas suku bunga pada pertemuan bulan depan.

Indeks Saham Hangseng dibuka langsung naik, harga tinggi sementara ini 24116. Semantara itu Shanghai Composite dibuka naik 0.6%. Semantara itu s indeks utama Wall Street berakhir turun mengikuti petunjuk saham-saham energi, menghapuskan sentimen positif dari pemulihan penjualan ritel serta laporan finansial Cisco yang memuaskan. Indeks-indeks Wall Street bergerak naik-turun mencerna beragam faktor dengan volume yang lebih tipis dibandingkan sehari sebelumnya. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan test support 23800. Jika sentiment positif, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan bergerak diarea resistance 24300.

news

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart XAUUSD time frame 15 menit, terlihat Formasi Falling Wedge, Kemungkinan kenaikan ke 1116.20

Klik gambar untuk memperbesar

XAUUSD.mM15

 

Pada Chart USDJPY time frame 15 menit  terlihat Formasi Triangle,  Kemungkinan kenaikan ke 124.85

Klik gambar untuk memperbesar

USDJPY.mM15