Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 13 Juli 2015

By on July 13, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 359 kali

Market Review Hari Ini – Emas menguat tipis pada perdagangan hari jumat lalu.  Melemahnya Dollar US dimanfaatkan pedagang untuk memburu emas akan tetapi belum agresif karena masih menunggu pertemuan Yunani dan para pemimpin Eropa pada hari minggu kemarin. Pertemuan akan dilanjutkan hari ini, para pemimpin eropa mengharapkan agar Yunani melaksanakan reformasi termasuk reformasi pajak dan pensiun. Parlemen Yunani harus menyetujui undang- undang pada tanggal 15 juli, setelah selesai disetujui dana dapat dikucurkan untuk mencegah kebangkrutan Yunani. Tampaknya investor emas masih menunggu krisis Yunani ini bener-benar selesai karena saat ini masih adanya pertemuan dan pertemuan antara pihak Yunani, para kreditur dan Uni Eropa. Sedangkan pelemahan Dollar US terjadi juga karena adanya kecemasan atas perekonomian China seiring pemerintah China melakukan beberapa stimulus untuk menyelamatan pasar saham China dari kejatuhan. Difaktor lain kenaikan suku bunga Amerika masih menjadikan terbatasnya penguatan emas. Secara teknikal, Jika sentiment negative, kemungkinan emas akan kembali terkoreksi diarea support $ 1147 dan akan mencoba test support berikutnya $ 1142. Jika sentiment kembali positif, kemungkinan emas akan merangkak naik untuk test resistance $ 1175.

Harga Crude Oil dibuka gap down diarea $52.10 dari posisi closing kemarin jumat $52.79 ( Monex Trader Platform) seiring IEA ( International Energy Agency ) melaporkan dunia masih kelebihan pasokan minyak yang sangat besar jadi diperkirakan harga perlu jatuh lebih lanjut untuk membatasi pasokan yang berlebihan, dilaporkan oleh IEA dalam laporan bulanannya pada hari jumat lalu. Disisi lain negosiasi Iran dan Negara Kekuatan Dunia masih berlangsung dan kabarnya hampir sepakat, tapi masih bisa gagal. Pihak Iran sedang bersiap – siap untuk mengambil langkah terakhir supaya bisa segera mencapai kesepakatan dengan Negara kekuatan dunia. Jika kesepakatan tercapai, maka Iran siap mengekspor minyaknya ke kawasan asia dan eropa. Iran juga akan meningkatkan produksinya diatas 1 juta barel perhari. Hal ini akan menjadikan tambahan pasokan minyak global jika sanksi Iran dicabut dan Iran siap mengekspor minyaknya. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan mencoba test psikologis price $ 51.00. Jika sentiment kembali positif, kemungkinan harga Crude Oil akan kembali bergerak  naik untuk menutup gap yang ditinggalkan pagi tadi dikisaran $ 52.79 dan menguji level $ 53.00

Pihak Yunani, para kreditur dan Uni Eropa akan kembali melanjutkan pertemuan hari ini di Brussels. Dari draf keputusan yang dikirimkan para pemimpin eropa dari menteri keuangan Eurogroup yang mengharapkan pihak Yunani melaksanakan reformasi ( termasuk reformasi pajak dan pensiun ), parlemen Yunani harus menyetujui undang – undang pada tanggal 15 Juli setelah semuanya selesai dan mencapai kesepakatan, maka dana bailout akan dikucurkan untuk mencegah kebangkrutan Yunani. Pergerakan Euro terhadap Dollar naik hingga level 1.1215 kemarin jumat. Saat ini sesi asia, Euro terhadap Dollar US masih bergerak diarea 1.1110 (Monex Trader Platform jam 08.45 wib)

Aussie bergerak lembut sesi asia pagi ini dikisaran 0.7427 menguat tipis dari open posisi tadi pagi dikisaran 0.7421. Data China Trade balance tampaknya ditunggu oleh pelaku pasar aussie. Sementara itu sterling masih bergerak didekat level 1.5500 setelah kemarin jumat menguat seiring sikap optimis prosposal Yunani akan mencapai kesepakatan dari para kreditur. Fokus berikutnya akan tertuju pada data tenaga kerja, khususnya pertumbuhan laju upah rata-rata, karena kenaikan pertumbuhan upah merupakan faktor kunci sebelum bank sentral Inggris dapat diekspektasikan menaikkan suku bunga acuannya. Pada hari Kamis lalu, BoE tidak menunjukkan kejutan dengan mempertahankan suku bunga acuan di level rekor rendah 0.5%, seiring kesulitan pejabat bank sentral untuk menyeimbangkan pertumbuhan upah di Inggris dengan sinyal pelambatan ekonomi global.

Indeks Saham Hangseng terkoreksi sesi pagi ini, data trade balance China tampaknya masih ditunggu oleh pelaku pasar saham China. Indeks Saham Hangseng belum mengikuti jejak saham Wallstreet yang naik kemarin jumat seiring sikap optimisme bahwa Yunani akan mencapai kesepaktan dengan kreditur. Pertemuan Yunani, para kreditur dan Uni Eropa akan kembali diadakan hari ini di Brussels. Secara teknikal, jika sentiment negative, Indeks Saham Hangseng akan mencoba test support 24500 akan memicu ke support berikutnya 24150. Jika sentiment positif seiring kenaikan saham Wallstreet jumat lalu, Indeks Saham Hangseng akan mencoba test resistance 25000 dan memicu ke 25300

news

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart EURUSD time frame 15 menit, terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan penurunan ke 1.1100

Klik gambar untuk memperbesar

EURUSDM15