Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 13 Agustus 2015

By on August 13, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 354 kali

Market Review Hari Ini – Emas semakin kokoh dalam penguatan selama 5 sesi perdagangan, mencapai tertinggi sesi asia pagi ini di level $ 1126 ( Monex Trader Platform jam 08.19 WIB). Setelah serangkaian data fundamental dari China dan Amerika yang membuat perdagangan emas kembali menjadikan safe haven. Namun sesi asia pagi ini banyak dipenuhi seller dan emas menjadi rawan aksi taking profit. Pejabat The Fed semalam juga memberikan komentar mengenai pertumbuhan China yang melambat dan mengharapkan The Fed mampu menaikan suku bunga dalam waktu dekat. Namun tidak ada komentar yang menjelaskan waktu yang tepat untuk menaikan suku bunga, hal ini menjadikan para pelaku pasar kembali memprediksi waktu kenaikan suku bunga US.  Secara teknikal, Jika sentiment negative, emas rawan faktor taking profit setelah kenaikan selama 5 sesi perdagangan. Support berada diaera $ 1117 dan $ 1108. Jika sentmen positif terus berkembang dikalangan investor dan menjadikan emas sebagai safe haven, kemungkinan emas akan mencoba test resistance area $ 1132 dan $ 1141.

Harga minyak cenderung flat dan membentuk range dalam perdagangan kemarin. Laporan EIA semalam menunjukkan penurunan stok minyak di Anerika sebesar 1.8 juta barel, suplai bensin juga berkurang sebanyak 1.3 juta barel sedangkan laporan dari API bahwa pasokan minyak di Amerika turun 847.000 barel. Dollar US yang melemah belum mampu mengangkat harga minyak karena pasokan secara global masih berlimpah sedangkan permintaan masih lesu. Disisi lain International Energy Agency mengatakan harga bahan bakar yang murah menstimulasi tingkat permintaan minyak global namun pemulihan berjalan lambat. IEA mengatakan bahwa sementara proses penyeimbangan kembali telah dimulai, namun kemungkinan akan berlangsung lama seiring kelebihan suplai akan terus terjadi hingga tahun 2016. Pagi ini analis JP Morgan berpendapat bahwa harga minyak saat ini dalam kondisi oversold, pembalikan berkelanjutan menjadikan tugas yang sulit dan perlu menjaga resiko penurunan yang lebih cepat. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan test support $ 42.20 dan jika berhasil ditembus akan memicu harga bergerak ke support berikutnya $ 40.00. Jika sentiment positif, kemungkinan harga Crude akan test resistance $ 44.00 dan akan memicu harga bergerak ke $ 44.50

Sesi asia pagi ini diwarnai dengan komentar dari seorang pejabat pemerintah Jepang, bahwa Jepang bisa mengimbangi devaluasi Yuan dengan pelonggaran moneter. Sementara itu Bank Sentral China akan menjelaskan lebih lanjut mengenai devaluasi Yuan, sekitar jam 09.15 WIB. Fokus berita dari Amerika nanti malam adalah retail sales nanti jam 19.30 wib. Pergerakan Dollar US akan kembali diuji oleh data ekonomi US. Aussie juga memanfaatkan melemahnya dollar US setelah sebelumnya pergerakan Aussie melemah oleh efek devaluasi Yuan. Australia begitu sensitive dengan berita yang berkembang di China karena China adalah mitra dagang bagi Australia sehingga apa yang terjadi China secara tidak langsung mempunyai efek bagi pergerakan mata uang Australia.

Sementara itu analis Goldman Sachs juga memberikan komentar mengenai keputusan Bank Sentral China sama dengan kebijakan yang dilakukan oleh Swiss National Bank pada bulan Januari lalu, dimana saat ini Swiss Franc langsung menguat cukup tajam dalam beberapa menit. Pelaku pasar masih diliputi keraguan mengenai kenaikan suku bunga US karena adanya devaluasi Yuan.

Indeks Saham Hangseng dibuka langsung naik dan saat ini bergerak diatas level 24000. Pejabat Bank Sentral China akan menjelaskan lebih lanjut mengenai devaluasi Yuan hari ini dan hal ini sangat ditunggu oleh pelaku pasar asia. Sementara itu Shanghai Comp dibuka turun 0,4 %. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan test support 23624 merupakan penutupan kemarin. Jika sentiment positif, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan bergerak diarea resistance 24500.

news

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart CLS10C time frame 30 menit, terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan kenaikan ke 44.00

Klik gambar untuk memperbesar

CLS10CM30

 

Pada Chart EURGBP time frame 30 menit  terlihat Formasi Rising Wedge,  Kemungkinan penurunan ke 0.7115

Klik gambar untuk memperbesar

EURGBPM30

 

Pada Chart EURUSD time frame 15 menit, terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan penurunan 1.1100

Klik gambar untuk memperbesar

EURUSDM15