Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 10 Juni 2015

By on June 10, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 325 kali

Market Review Hari Ini – Koreksinya Dollar US dimanfaatkan oleh para buyer untuk melakukan pembelian emas kemarin, naik hingga $ 1182. Namun investor masih berhati hati dalam transaksi emas karena sentiment kenaikan suku bunga US masih membayangi mereka, kemungkinan dollar kembali menguat oleh data ekonomi bulan juni ini masih memungkinkan terjadi mengingat bulan September kemungkinan akan menaikkan suku bunga US tentu saja dengan melihat hasil rilis data ekonomi US yang mengesankan. Emas masih bisa naik seiring data inflasi China yang mengecewakan dan masih belum ada jalan keluar pada perundingan Yunani dengan para kreditur. Dengan adanya ketidakstabilan sector perekonomian dan keuangan maka emas akan menjadikan faktor safe haven. Selain itu bursa global yang melemah dan harga berbagai komoditas dunia menguat maka emas masih berpeluang untuk menguat. The Fed akan mengadakan rapat minggu depan layak untuk kita nantikan hasil rapat tersebut.  Secara teknikal, jika sentiment kembali negative oleh spekulasi kenaikan tingkat suku bunga US, kemungkinan emas akan mencoba test $ 1160 dan $ 1150. Jika sentiment positif oleh buntunya negosisasi Yunani dan pembelian emas di harga rendah, emas kemungkinan akan berusaha melewati $ 1185 dan jika bertahan diatasnya kemungkinan emas akan test resistance selanjutnya $ 1192. Jika terjadi kenaikan emas, harap waspada terhadap aksi taking profit karena trend jangka pendek masih bearish.

Harga Crude Oil kembali melambung dan kembali melewati harga $ 60 seiring koreksi Dollar US oleh komentar Presiden Barrack Obama pada pertemuan G7.  Faktor lain yang mendukung harga minyak naik adalah ekspektasi stimulus china meningkat karena inflasi konsumen China di bulan mei yang rendah hal ini memicu spekulasi pelonggaran moneter agar dapat memacu perekonomian China yang merupakan Negara pengimpor minyak terbesar dunia. Investor juga memperhatikan beberapa laporan dari berbagai lembaga minyak. EIA ( Energy Information Administration ) akan merilis persediaan minyak mentah di amerika nanti malam jam 21.30 wib. Para analis memprediksi persediaan minyak Amerika akan kembali turun. OPEC juga akan merilis laporan bulanan pada hari ini dan IEA ( International Energy Agency ) akan merilis laporannya besok kamis. Sementara itu menteri perminyakan Arab Saudi akan terus meningkatkan produksinya hingga 10.3 juta barel perhari seiring permintaan minyak mengalami kenaikan. Fokus hari ini adalah data laporan dari EIA dan laporan bulanan dari OPEC. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan kembali turun diarea $59.00 –an dan  Jika sentiment positif, harga Crude Oil akan mencoba test resistance $61.50 dan $ 62.00

Yen kembali menguat hingga menembus harga 124 setelah rally naik 125 jumat lalu oleh data nonfarm US. Situasi Yunani yang tidak kunjung usai dengan negosiasinya para kreditur telah memicu Yen dan franc swiss menjadikan safe haven tradisional karena para investor menghindari resiko dan mencari asset keuangan dengan resiko rendah. Sementara itu Euro masih bertahan dengan mendekati level 1.1300. Pergerakan Euro terhadap Dollar US terfokus pada perkembangan Yunani karena Yunani harus mendapatkan dana bailout 7,2 miliar Euro agar terhindar dari kebangkrutan dan bisa membayar cicilan pinjaman ke IMF akhir bulan juni ini.

Sementara itu sterling sempat melemah oleh data domestic dengan hasil yang mengecewakan yaitu data neraca perdagangan. Tingginya nilai tukar sterling jika dibandingan nilai tukar euro akan menyulitkan eksportir inggris untuk berkompetisi di zona eropa. Sterling kembali pulih pada sesi amerika seiring kembali melemahnya dollar US. Sedangkan aussie melemah terhadap dollar US seiring inflasi China dan data domestic Australia. Pada sesi asia pagi ini aussie terpantau masih bergerak dikisaran 0.7680.

news

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart USDCHF time frame  M30 terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan harga naik ke 0.9335

Klik gambar untuk memperbesar

USDCHFM30

 

Pada Chart EURJPY time frame M30 terlihat Formasi Pennant, Kemungkinan harga turun ke target 140.10

Klik gambar untuk memperbesar

EURJPYM30