Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 10 Juli 2015

By on July 10, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 316 kali

Market Review Hari Ini – Dollar US mengalami koreksi setelah The Fed perlu melihat kembali pertumbuhan ekonomi Amerika yang cukup kuat sebelum menaikan suku bunga. Emas kembali bangkit dari level $ 1147 menuju ke level $ 1167. Suku bunga yang lebih tinggi dan penguatan Dollar US akan meredam daya tarik terhadap emas, yang biasanya berikan keuntungan hanya ketika harga naik. Sementara itu Yunani telah mengajukan proposal baru kepada para kreditur dan berharap prosposal baru ini bisa mendapatkan kesepakatan dari para kreditur supaya mendapatkan kucuran dana bailout. Yunani tampaknya telah membuat perubahan pada proposal barunya yang lebih signifikan agar mendapatkan kesepakatan dengan para kreditur akhir pekan ini.   Secara teknikal, trend jangka pendek masih bearish meskipun ada penguatan. Jika sentiment negative, kemungkinan emas akan kembali terkoreksi diarea support $ 1147 dan akan mencoba test support berikutnya $ 1142. Jika sentiment kembali positif, kemungkinan emas akan merangkak naik untuk test resistance $ 1173 dan $ 1180. Jika mampu bertahan diatas level $ 1180 maka sinyal bearish akan menghilang.

Harga minyak berhasil pulih setelah tertekan hingga level $ 51 dan bangkit ke level $ 53, stimulus pemerintah China yang berhasil meredam kejatuhan lebih parah pada pasar saham China. Pagi ini tampak saham china mulai rebound kembali. Sementara itu negosiasi Iran dan enam Negara dalam hal nuklir Iran tampaknya menemui jalan buntu. Pihak Iran dikabarkan sempat frustrasi padahal sebelumnya pembicaraan berjalan lancer seputar kesepakatan yang dibuat pada bulan april lalu, namun kembali menemui jalan buntu. Harga Crude Oil berhasil melambung seiring belum menemui kesepakatan dalam negosiasi Iran yang berpotensi tertundanya Iran dalam mengekspor minyak mentah ke kawasan Asia dan Eropa. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan mencoba test psikologis price $ 51.00. Jika sentiment kembali positif,kemungkinan harga Crude Oil akan kembali bergerak  area resistance level $ 54.00

Aussie sesi asia pagi ini kembali menguat seiring beberapa saham di China juga ikut menguat setelah beberapa kali pemerintah mengeluarkan stimulus untuk menyelamatkan bursa saham. Tampak shanghai composite melambung pada sesi pembukaan pagi ini. Komentar Timothy Moe, kepala strategis Goldman Sachs Asia-Pasifik mengatakan rebound Shanghai Composite adalah tanda positif namun bursa saham China belum sepenuhnya bersih. Jika sentiment positif berkembang maka pergerakan aussie bisa kembali ke level 0.7500. sementara itu pergerakan Euro terhadap Dollar US mengalami penguatan seteleh semalam sempat drop oleh jatuhnya yield obligasi Jerman yang dipicu oleh ECB memutuskan untuk tidak merubah level penyediaan dana darurat untuk perbankan Yunani pada level yang sama. Yunani telah menyiapkan prosposal baru yang lebih kredibel dan sesuai keinginan para kreditur supaya mendapatkan kesepakatan pada akhir pekan ini. Perdana menteri Yunani Tsipras juga mengadakan pertemuan dengan anggota partai Syriza serta parlemen Yunani sebelum bertemu dengan para kreditur akhir pekan ini.

Indeks Saham Hangseng kembali melanjutkan kenaikan setelah pemerintah China kembali melakukan stimulus guna menyelamatkan bursa saham China. Sementara itu Shanghai Composite juga mengalami rebound. Indeks Saham Hangseng menyentuh tinggi 24911 ( Monex Trader Platform jam 08.47 wib ) tampaknya pelaku pasar saham China mulai merespon stimulus dari pemerintah China. Secara teknikal, jika sentiment positif terus berkembang di lantai bursa China, Indeks Saham Hangseng akan naik dan mencoba psikologis price 25000 dan 25100. Jika sentiment negative oleh aksi taking profit karena dianggap stimulus belum membersihkan secara benar, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan terkoreksi diarea 24500.

Untitled

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart GBPUSD time frame 30 menit, terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan kenaikan ke 1.5400

Klik gambar untuk memperbesar

GBPUSDM30

 

Pada Chart EURJPY time frame 15 menit  terlihat Formasi Double Bottom,  Kemungkinan kenaikan ke 135.70

Klik gambar untuk memperbesar

EURJPYM15