Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 1 Juni 2015

By on June 1, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 1,617 kali

Market Review Hari Ini – Emas masih bergerak diarea $ 1190-an. Sesi asia pagi ini dibuka $ 1190 kemudian sempat naik mendekati $ 1200 namun kembali lagi diarea $ 1190. Permintaan emas dikawasan asia masih melemah meskipun ketidakpastian pembahasan hutang Yunani dan melemahnya Dollar US masih belum mampu membuat emas kembali bergerak diatas $ 1200. Yunani harus membayar hutang yang jatuh tempo besok jumat, 5 juni. Jika tidak mampu membayar, kemungkinan Yunani akan keluar dari zona eropa kian terbuka. Namun IMF mengizinkan Yunani membayar hutang hingga akhir bulan Juni ini. Dukungan emas untuk naik jika situasi Yunani kian memburuk yang selama ini belum ada kesepakatan antara kreditor dan pihak Yunani. Emas akan menjadi safe haven jika terjadi situasi ketidakpastian politik dan keuangan. Selain itu yang membuat emas belum mampu bergerak naik adalah ekspektasi suku bunga amerika yang akan dinaikan tahun ini. Pelaku pasar masih berhati-hati dalam transaksi emas. Secara teknikal, jika sentiment emas masih negative,karena ekspektasi kenaikan suku bunga US dihembuskan lagi, kemungkinan akan test turun $ 1178 dan $ 1170. Jika sentiment positif karena faktor safe haven, permintaan fisik dan situasi Yunani yang belum kunjung selesai, kemungkinan emas akan mencoba kembali diatas $ 1200 dan akan berusaha bertahan diatas $ 1200.

Crude Oil kembali lagi diatas $ 60 –an kemarin jumat. Setelah adanya laporan dari Baker Hughes Inc yang menunjukkan perusahaan-perusahaan minyak di Amerika menghentikan operasionalnya sebanyak 13 rig yang merupakan penurunan terbesar dalam 4 minggu ini. Namun kenaikan harga minyak mentah masih diredam dengan produksi yang terus naik dari Arab Saudi, Irak dan Rusia. Para analisa memprediksi pertengahan tahun diperkirakan permintaan bisa meningkat, hal ini ditandai dengan meningkatnya impor minyak mentah China dan memasuki musim panas dimana aktivitas kembali normal di Amerika yang membutuhkan minyak untuk konsumsi kendaraan. OPEC akan menggelar rapat tanggal 5 juni, beberapa analis memperkirakan OPEC masih mempertahankan keputusannya pada rapat November 2014 lalu yaitu tidak akan memangkas output. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan kembali turun test $ 59.00 dan $ 58.50.  Jika sentiment kembali positif, kemungkinan harga Crude Oil akan kembali test level $ 61.00 dan $ 61.50

Pergerakan Euro kembali berat meskipun 3 sesi perdagangan mengalami penguatan karena minggu ini Yuani harus membayar hutang yang jatuh tempo besok jumat, tanggal 5 juni. Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan Yunani bisa keluar dari zona Eropa jika negosiasi dengan para kreditor kembali gagal sebelum tanggal 5 juni. Yunani masih menolak memotong gaji dan pensiun PNS sedangkan para kreditor menginginkan memotong gaji dan pensiun PNS. Yunani mengakui tidak bisa membayar cicilan hutangnya minggu ini namun IMF mengizinkan Yunani untuk membayar sampai akhir bulan juni ini.

Sementara itu Yen kembali melemah ke 124.45 kemarin jumat. Sesi asia pagi ini yen masih bergerak diatas 124 yang merupakan level melemah sejak 8 tahun terakhir terhadap Dollar US. Ekspektasi kenaikan suku bunga US membuat Yen melemah, selain itu data-data Domestik jepang juga membuat Yen melemah. Sedangkan aussie kemarin jumat berjalan cenderung stagnan setelah mengalami pelemahan dilevel terendah 6 pekan, data ekonomi Australia yang buruk kian membuat aussie terpuruk. Spekulasi mengenai pemotongan suku bunga Australia kembali menguat agar perekonomian Australia kembali pulih.

news

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart EURJPY time frame M30 terlihat Formasi Rising Wedge, Kemungkinan harga turun ke target 135.50

Klik gambar untuk memperbesar

EURJPYM30

 

Pada Chart CLS10C time frame H4 terlihat formasi Channel Down, Kemungkinan harga naik ke target 61.80

Klik gambar untuk memperbesar

CLS10CH4