Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 1 Februari 2015

By on February 1, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 292 kali

Market Review Hari Ini – Keputusan BoJ pada minggu lalu untuk ikut mengadopsi suku bunga negatif, seperti beberapa bank sentral dunia lainnya, memicu rally dalam perdagangan Greenback, minyak dan saham global. Dollar AS dan emas cenderung diperdagangkan berbeda arah, sementara perdagangan positif aset berisiko seperti minyak dan saham biasanya meredupkan pesona emas sebagai safe haven. Harga emas sempat tergelincir ke level $ 1108 pada perdagangan hari jumat lalu namun mampu kembali menguat dan saat ini bertahan di level $ 1118 pada perdagangan sesi Asia pagi ini. Selanjutnya, harga emas dapat tertopang ketidakjelasan prospek kenaikan suku bunga AS pada tahun ini, dengan data terbaru menunjukkan laju ekspansi ekonomi AS yang melambat pada kuartal terakhir tahun 2015. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan emas akan test support $ 1108 dan support berikutnya $ 1100. Jika sentimen positif, kemungkinan emas akan test resistance $ 1125 dan resistance berikutnya $ 1131.

Harga minyak diperdagangkan dalam range $ 34 dan $ 32 para perdagangan hari jumat lalu. Investor sempat dikecewakan di awal sesi ketika Iran mengatakan tidak akan langsung berpartisipasi dalam rencana untuk sama-sama memangkas produksi dengan anggota OPEC yang lain. Pernyataan ini terkait dengan laporan kesediaan Rusia untuk mendiskusikan pemangkasan produksi sebesar 5% dalam pertemuan bulan Februari. Beberapa delegasi OPEC langsung menyangkal pemberitaan tersebut dan banyak analis yang masih skeptis akan adanya peluang kesepakatan. Namun demikian, berita seputar rencana pembahasan pemangkasan produksi ini telah bantu mendongkrak harga minyak dalam hampir sepanjang pekan terakhir bulan Januari. Pelaku pasar juga mencerna data dari Baker Hughes yang menunjukkan jumlah rig minyak aktif di AS yang terus berkurang dan data bulanan dari lembaga Energy Information Administration (EIA) AS yang menunjukkan penurunan tipis produksi minyak AS pada bulan November. Pada sepekan terakhir bulan Januari, terdapat penurunan 12 rig minyak aktif di AS sehingga total menjadi 498 rig. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga minyak bergerak diarea support $ 32.60 dan support berikutnya $ 31.70. Jika sentiment positif, kemungkinan minyak test resistance $ 34.80 dan resistance selanjutnya 35.30.

Dollar menguat pada hari Jumat setelah perilisan data produk domestik bruto AS yang sejalan dengan ekspektasi ekonom. Produk domestik bruto AS tumbuh sebesar 0.7% pada tingkat tahunan di kuartal keempat, setelah pertumbuhan sebesar 2% di kuartal ketiga, namun dekat ekspektasi ekonom yang direvisi. Rendahnya harga minyak yang masih berlanjut terus melemahkan investasi di perusahaan energi dan cuaca dingin yang tidak sesuai waktunya telah mengurangi belanja konsumen pada utilitas dan pakaian.

Yen mencatat penurunan harian terbesar dalam lebih dari setahun versus Dollar AS pada hari Jumat, menyusul keputusan mengejutkan Bank of Japan untuk mengadopsi suku bunga negatif. BoJ mengatakan akan memberlakukan tingkat suku bunga deposito minus 0,1% untuk institusi keuangan mulai 16 Februari mendatang, yang akan mengenakan bunga terhadap setiap bank yang memarkir kelebihan likuiditasnya di bank sentral. BoJ juga berkomitmen akan kembali memangkas suku bunga jika dianggap perlu.

Indeks Saham Hangseng dibuka dengan gap up dilevel 19660 dan langsung terjun untuk menutup gap. Bursa Wall Street ditutup menguat lebih dari 2% pada hari Jumat, sesi perdagangan terakhir bulan Januari, setelah Bank of Japan secara mengejutkan mengadopsi kebijakan suku bunga negatif untuk pertama kalinya. Laporan earnings yang positif, data Chicago PMI yang lebih baik dari ekspektasi serta stabilnya harga minyak juga turut melambungkan bursa saham. Wall Street melanjutkan rally menjelang penutupan, dengan Dow Jones ditutup menguat hampir sebanyak 400 poin. S&P 500 menguat lebih dari 2%. Nasdaq juga menguat sekitar 2% namun berada di bawah tekanan seiring saham Amazon yang melemah sekitar 8% pada sesi tengah hari. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan test support 19200. Jika sentiment positif, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan melanjutkan kenaikan dan test resistance 19880 dan 20000.

news

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart AUDJPY time frame 30 menit terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan penurunan ke 85.250

Klik gambar untuk memperbesar

AUDJPY.mM30

 

Pada Chart GBPCHF time frame 30 menit, terlihat Formasi Flag,  Kemungkinan kenaikan ke 1.46420

Klik gambar untuk memperbesar

GBPCHF.mM30

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty