Manisnya Bisnis Cafe Susu Segar

By on October 19, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 501 kali

Inspirasi Bisnis – Susu menjadi salah satu jenis minuman yang paling banyak disukai oleh anak-anak hingga orang lanjut usia. Jenis susu segar yang diolah dengan berbagai jenis variasi mulai banyak disukai oleh semua penikmat susu. Jika Anda melihat semua perkembangan ini maka Anda bisa mewujudkan ide berbisnis dengan berjualan susu segar. Saat ini penjualan susu segar banyak dilakukan di tenda-tenda pada malam hari. Tempat yang seperti ini sangat ramai namun bagi konsumen yang ingin bisa minum susu di tempat yang nyaman, maka kurang sesuai. Karena itu Anda bisa mengembangkan bisni cafe susu segar yang menjangkau berbagai kalangan. Berikut ini adalah beberapa analisa yang bisa Anda lakukan sebelum memulai bisnis.

Tentukan Lokasi Cafe

Ada berbagai jenis model cafe yang bisa Anda pilih sesuai dengan jangkauan konsumen yang ingin didapatkan. Jika Anda ingin memiliki konsumen kelas atas maka pilih jenis cafe yang ada di mall atau tempat khusus di pusat kota. Namun jika Anda ingin memiliki cafe dengan model sederhana dan bisa menjangkau berbagai kalangan maka bisa mencoba cafe kecil di pusat jalan yang ramai. Pilih lokasi perkotaan yang lebih menjanjikan untuk konsumen khusus. Konsumen akan melihat jika lokasi dan model cafe nyaman maka mereka akan berminat untuk mencoba.

Tentukan Jaringan Pemasok Susu

Untuk mendapatkan susu segar atau susu murni yang benar-benar sehat maka Anda juga harus mengetahui kualitas susu. Pemasok susu biasanya memiliki sebuah bentuk koperasi dengan perjanjian awal sebelum berbisnis. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih pemasok susu yang bisa memberikan susu berkualitas karena penting untuk kesehatan konsumen.

Pertimbangkan Desain Kafe dan Perlengkapan

Anda bisa menentukan ide desain kafe sesuai dengan target konsumen yang ingin didapatkan. Jika Anda memilih pasar anak muda maka pilih tempat yang nyaman. Pertimbangkan untuk beberapa hal seperti desain eksterior, desain interior dan juga kelengkapan kafe. Untuk menarik minat pengunjung maka Anda bisa bekerjasama dengan grup musik sebagai hiburan untuk pengunjung. Selain itu dari segi perlengkapan maka Anda juga harus memilih yang sesuai dengan konsep kafe. Misalnya perlengkapan untuk tempat hidangan susu seperti cangkir dan gelas, serta berbagai perlengakapan untuk memasak susu.

Inovasi Menu dan Pelengkap

Ada berbagai jenis inovasi susu yang paling terkenal saat ini, misalnya jenis susu jahe, susu telur, susu madu, teh susu dan jenis hidangan lain. Namun Anda juga bisa memainkan menu dengan beberapa hal seperti susu yang dicampur dengan hidangan buah, susu yang dicampur dengan es krim dan berbagai model menu lain. Anda bisa mengembangkan menu dari internet, pengalaman sendiri maupun berdasarkan permintaan konsumen. Selain itu kafe Anda jangan hanya menjual susu saja. Selain minum susu maka konsumen biasanya juga akan makan camilan mulai dari biskuit, roti bakar, pancake dan berbagai hidangan lain.

Resiko Bisnis Susu Segar

Bisnis susu segar memang sangat menjanjikan, namun juga bisa memberikan resiko. Berbagai resiko sudah harus Anda pikirkan sejak awal. Berikut ini adalah beberapa resiko yang paling sering dihadapi dalam bisnis susu.
– Susu segar tidak tahan lama sehingga penanganan harus sesuai dengan standar jika tidak maka susu akan mudah basi.
– Susu merupakan produk yang sangat rentan terhadap bakteri dan kuman sehingga jika tidak bersih dan higienis maka konsumen bisa komplain seperti sakit perut, diare atau gangguan pencernaan.
– Bisnis ini sudah mulai banyak peminat sehingga Anda juga harus mengembangkan bisnis dengan berbagai model yang berbeda.