Manakah Yang Lebih Menguntungkan, Investasi Saham Atau Reksadana?

By on October 3, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 552 kali

Investasi Reksadana – “Menabung pangkal kaya”, mungkin Anda sudah sering mendengar kata bijak ini sejak masih kanak-kanak. Memang benar jika menabung adalah kebiasaan yang baik. Namun rasanya sekarang ini menabung saja tidak cukup untuk mengembangkan kekayaan Anda. Tahukah Anda kalau sekarang ini kenaikan harga atau inflasi naik lebih cepat dari pada perkembangan tabungan, entah itu di celengan, tabungan bank, ataupun deposito. Nah beberapa tahun terakhir ini istilah investasi makin terdengar gaungnya. Apakah itu investasi? Intinya, investasi adalah cara menabung yang lebih pintar dan juga menguntungkan dengan cara mengalahkan laju inflasi. Biasanya, investasi ini digunakan untuk mencapai tujuan finansial yang bersifat jangka pendek (1-3 tahun), menengah (3-5 tahun), dan jangka panjang (5 tahun kedepan). Instrumen investasi pun bermacam-macam, mulai dari investasi emas, investasi emas, investasi properti, investasi saham atau Reksadana.

Digadang-gadang, Reksadana adalah instrumen investasi yang paling mudah dilakukan. Sedangkan investasi saham merupakan investasi yang paling menguntungkan. Untuk itu, kali ini mari kita bahas dan pahami kedua instrumen investasi ini. Manakah yang paling tepat untuk Anda, investasi saham atau Reksadana?

Tiap-tiap instrumen investasi memiliki resiko serta mekanisme yang berbeda-beda, termasuk kedua instrumen ini. Berbicara mengenai investasi saham, instrumen investasi ini memang memiliki pertumbuhan yang paling “wow”. Namun ini tidak berarti semua saham juga mempunyai pertumbuhan yang seperti ini. Hanya segelintir perusahaan saham yang memiliki pertumbuhan di atas 30% per tahunnya serta memiliki aspek fundamental yang bagus dan sehat, seperti Astra International dan Bank BCA. Index Harga Saham Gabungan atau IHSG sering dipakai untuk rata-rata keseluruhan dari semua saham. IHSG ini pun memiliki pertumbuhan kurang lebih 26% setiap tahunnya.

Beralih ke Reksadana, instrumen yang memiliki berbagai jenis ini nampaknya cocok untuk Anda yang baru saja ingin menjajal dunia perinvestasian. Di Reksadana, ada jenis investasi Reksadana Saham yang agak mirip dengan investasi saham yang sebenarnya. Tapi, modal untuk berinvestasi di Reksadana Saham dapat dibilang relatif kecil, berbeda dengan investasi saham yang murni. Dari segi resiko pun, Reksadana memiliki resiko yang tidak terlalu tinggi. Inilah alasan mengapa Reksadana lebih mudah dijalankan.

Tetapi, resiko yang tinggi pastinya menghasilkan return yang tinggi pula, sama halnya yang terjadi pada investasi saham. Lalu, Anda harus memilih yang mana, investasi saham atau Reksadana? Semuanya kembali lagi kepada pengalaman, modal, serta niat yang Anda memiliki. Untuk para investor yang sudah lebih banyak pengetahuan dan pengalamannya, nampaknya berinvestasi di saham terlihat menggiurkan. Nah untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya pilih yang memiliki instrumen investasi yang membutuhkan modal tidak terlalu banyak dan resiko yang tinggi, seperti Reksadana.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty