Macam-Macam Saham yang Diperdagangkan Di CFD

By on January 12, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 281 kali

Investasi Saham – Saham-saham apa saja yang diperdagangkan dalam CFD – CFD atau singkatan dari contract for Difference ini adalah salah satu produk turunan dari investasi diviatif yang diperdagangkan di bursa berjangka. Sama seperti namanya contract for diference maka akan ada sebuah kontrak dari suatu komponen komoditas atau saham yang telah diperdagangkan di pasar modal dan juga komoditas dari negara maju. Adanya produk ini bertujuan untuk membuka akses serta mempermudah pada investor dalam melakukan transaksi langsung pada pasar tanpa harus terbebani masalah biaya.

Macam-macam pasar CFD dan keuntungannya

Ada beberapa pasar yang dapat Anda masuki dengan menggunakan system CFD yaitu pasar saham, pasar komoditas berjangka, dan Indeks bursa saham. System CFD ini tidak jauh seperti forex, dimana Ada tidak perlu menggunakan modal yang terlalu besar untuk menjalankan bisnis ini, Anda hanya perlu mengeluarkan dana minimal seperti yang diminta oleh pihak broker, Anda juga akan mendapatkan fasilitas laverage yang dapat diatur.

Ada juga fasilitas hedging yang dapat Anda pergunakan untuk mengunci keuntungan atau kerugian yang Anda dapatkan. Dengan adanya beberapa fasilitas-fasilitas tersebut tentunya akan menjadi sebuah keuntungan tersendiri bag para investor dan para broker yang akan memainkan jenis investasi ini.

CFD saham

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa pasar CFD yang dapat Ana masuki, dan salah satunya adalah salam. Ada banyak sekali pasar saham yang dapat Anda masuki, baik itu berupa IHSG atau berupa saham-saham satuan dari setiap perusahaan-perusahaan besar.

IHSG adalah singkatan dari Indeks Saham gabungan yang artinya sekumpulan saham-saham terkemuka yang ada dalam setiap negara. Seperti indeks Han Seng yang berasal dari Hongkong, indeks Nikkei 225 dari Jepang, indeks Kospi 200 yang berasal dari Korea Selatan,indeks Dow Jones dari USA, dll.

Sedangkan yang dimaksud dengan saham perseorangan adalah berupa perusahaan-perusahaan perseorangann yang masuk ke dalam sebuah bursa saham baik di negara masing-masing atau di bursa saham international. Adapun beberapa perusahaan saham yang menggunakan teknik CFD seperti Apple, Microsoft, Apple, dll.

Ada berbagai macam keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika trading atau melakukan investasi menggunakan system CFD ini, seperti :

  • Jam kerja
    Jam kerja untuk CFD indeks ini tentunya megikuti jam kerja dari saham yang akan anda masuki, Jika Anda menggunakan saham IHSG pada negara tertentu maka jam kerja Anda juga akan mengikuti waktu buka dan tutup pasar tersebut.
  • Modal yang tidak terlalu besar
    Modal yang Anda keluarkan juga tidak perlu terlalu besar. Selain itu Anda juga dapat menghitung margin yang akan Anda gunakan untuk setiap kali transaksi.
  • Proses liquiditas lebih cepat
    Selain itu yang harus Ada pahami ketika menggunakan system CFD ini adalah proses liquiditas yang lebih cepat. Anda hanya perlu melakukan transaksi buy atau sell, jika harga sudah dirasa cukup baik itu profit atau rugi maka Anda dapat langsung menutup transaksi tersebut. Dengan adanya broker-broker handal yang ada saat ini, tentunya akan mempermudah transksaksi menggunakan system CFD ini.

Trading atau melakukan investasi menggunakan system CFD pada saham seperti ini dinilai praktis dan juga ekonomis. Selain itu trading menggunakan system ini juga membuat para investor dapat lebih leluasa menjalankan trading atau investasinya sendiri. Anda juga dapat lebih leluasa dalam memilih Saham-saham apa saja yang diperdagangkan dalam CFD, dan menjalankan atau mentradingkan saham-saham tersebut.