Macam Asuransi yang Ditawarkan untuk Masyarakat

By on December 15, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 272 kali

Asuransi – Macam asuransi yang ditawarkan semakin beragam seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap perlindungan keuangan dan aset yang dimiliki. Asuransi memang dapat diartikan sebagai upaya seseorang untuk meminimalisir resiko atas kehilangan atau kerusakan yang terjadi pada aset. Jadi hal apa pun yang mengandung resiko keuangan dapat diasuransikan. Di bawah ini akan dibahas berbagai jenis asuransi yang beredar di Indonesia.

  1. Asuransi Kesehatan
    Jenis asuransi ini adalah asuransi yang paling umum dan banyak dijumpai di masyarakat. Biasanya perusahaan atau instansi akan memberikan asuransi kesehatan pada setiap pegawai yang bekerja di tempat tersebut. Asuransi kesehatan yang paling banyak ditawarkan adalah jaminan asuransi untuk rawat inap di rumah sakit, ada juga yang menawarkan asuransi kesehatan untuk rawat jalan.
    Berdasarkan sistemnya asuransi ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu dengan menggunakan kartu dan sistem reimbursement. Asuransi dengan menggunakan kartu proteksi yang proses pembayarannya cukup dengan menunjukkan kartu proteksi  Setelah menyerahkan kartu, maka asuransi yang akan menanggung pembayaran, seperti biaya rumah sakit, obat, kunjungan dokter dan biaya lain-lain. Sedangkan proteksi dengan sistem reimbursement mengharuskan pengguna untuk membayar biaya rumah sakit terlebih dahulu, baru kemudian melakukan klaim kepada perusahaan asuransi.
  2. Asuransi Jiwa
    Membeli asuransi jiwa memberikan kesan seperti menyiapkan kematian. Padahal asuransi jiwa tidak dibuat untuk mengelak peraturan,namun untuk perlindungan bagi keluarga yang ditinggalkan. Saat ini ada dua macam asuransi yang beredar, yaitu asuransi jiwa yang memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu, mulai dari 1 tahun, 5 tahun, hingga 10 tahun atau asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup.
    Umumnya asuransi jiwa dengan periode tertentu, uang premi akan hangus pada akhir periode. Kelebihannya adalah uang pertanggungan yang diberikan jauh lebih besar. Jika pemegang polis tidak meninggal hingga masa kontrak berakhir sebagian kecil uang pertanggungan dapat diklaim. Berbeda dengan asuransi jiwa seumur hidup, premi yang dibayar lebih kecil, tapi uang pertanggungan juga tidak terlalu besar.
  3. Asuransi Pendidikan
    Jenis asuransi ini melindungi biaya pendidikan anak. Biasanya asuransi ini digabung dengan asuransi pendidikan. Umumnya asuransi pendidikan menggunakan sistem kontrak, sehingga nasabah dapat memperkirakan kapan anak membutuhkan biaya pendidikan yang besar. Besar premi yang harus dibayarkan beragam tergantung pilihan nasabah. Uang asuransi ini tidak dapat diklaim sebelum kontrak berakhir.
  4. Asuransi Kerugian
    Asuransi ini dibuat untuk mengatasi kerugian atas suatu usaha. Macam asuransi ini berkaitan dengan peristiwa kerugian, seperti kebakaran kantor, rumah, hotel, pasar, dan sebagainya yang mengakibatkan rusak atau hilang barang/aset yang berharga. Jenis asuransi ini juga ditawarkan pada pembelian tiket angkutan umum. Penumpang dapat membeli asuransi kerugian untuk melindungi bagasi yang dibawa dari kerusakan atau kehilangan akibat kecelakaan atau pencurian.
  5. Asuransi Kendaraan
    Anda mendapatkan asuransi ini ketika membeli kendaraan secara kredit. Macam pertanggunggannya dapat berupa kehilangan dan kerusakan. Biasanya pihak leasing sudah menyertakan asuransi kehilangan kendaraan untuk mengantisipasi kendaraan hilang ketika masih dalam masa kredit. Sedangkan, asuransi kerusakan akibat kecelakaan diterapkan pada kendaraan roda empat. Itu pun sesuai keinginan konsumen, jadi tidak diwajibkan dari leasing.

Masih banyak lagi jenis asuransi yang beredar di masyarakat, tapi umumnya lima asuransi tersebut yang paling banyak ditawarkan dan diminati. Untuk keamanan dan kenyamanan memang tidak ada salahnya membeli perlindungan finansial. Demikian ulasan mengenai macam asuransi yang ditawarkan.