Lima Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Investasi Rumah

By on May 24, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,713 kali
investasi properti

Lima Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Investasi Rumah

Bagi Anda yang belum memiliki rumah, kini saatnya Anda mempersiapkan diri untuk membeli rumah karena harga properti terus naik. Lalu bagaimana jika sudah
memiliki rumah? Tak ada salahnya membeli rumah lagi untuk investasi Anda di masa mendatang.

Karena rumah merupakan sebuah kebutuhan yang sangat mewah untuk di masa mendatang. Di mana populasi manusia yang kian banyak sementara tanah untuk tinggal kian sempit dan terbatas.

Membeli rumah adalah sebuah keputusan penting yang tentu akan berpengaruh pula pada keuangan dan finansial keluarga Anda. Namun rumah bisa dijadikan investasi terbesar dalam hidup.

Hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda pertama kali membeli rumah yakni seringkali Anda dihadapkan akan rumah impian yang sesuai dengan desain yang Anda inginkan tanpa memperhatikan kelengkapan dokumen, lokasi, dan fasilitas di sekitar rumah yang akan Anda beli.

Kini banyak rumah dijual dengan desain menarik namun Anda juga dituntut untuk memperhatikan dan mempertimbangkan hal sebelum membeli rumah.

Setidaknya ada 5 hal penting yang bisa Anda pertimbangkan saat ingin membeli rumah yang tentu kedepannya akan menjadi investasi yang tepat bagi Anda dan keluarga.

1. Lokasi merupakan faktor utama dan penting yang harus dipertimbangkan sebelum Anda membeli rumah. Lihat lingkungannya yang mungkin dekat dengan kantor Anda, sekolah anak, bandara, jalan raya, stasiun dan lainnya. Mungkin tak semua bisa di dapat dalam lokasi yang Anda pilih, setidaknya memiliki lokasi rumah yang dekat dengan tempat kerja dan sekolah anak-anak akan lebih baik.

2. Sesuaikan dengan budget bisa berawal dari target. Misalnya, rumah seperti apa yang Anda dan keluarga Anda inginkan? Rumah di pinggir jalan? Rumah mewah? Atau rumah sederhana dengan desain minimalis masa kini? Apapun itu, buatlah secara detail mengenai hunian impian bersama yang kemudian bisa disesuaikan dengan kondisi finansial keluarga.

3. Posisi ini mungkin Anda sudah menemukan rumah impian Anda dan berancang- ancang siap membelinya. Namun tak ada salahnya untuk sesekali berjalan-jalan
untuk melihat kondisi lingkungan di sekitar si “calon rumah” masa depan. Dalam hal ini, Anda bisa memperhatikan keamanan di sekitar rumah sampai prediksi kira-kira
apakah lingkungan tersebut bisa berkembang dengan nilai jual tinggi untuk masa mendatang.

4. Anda yakin ini pilihan rumah yang akan dibeli? Saatnya tawar menawar harga. Dengan melihat kondisi bangunan rumah, kelengkapan surat, lokasi, apakah ada sengketa lahan, dan pertimbangan lainnya, apakah rumah tersebut layak diberi harga mahal atau tidak? Lakukanlah tawar menawar harga dengan etika yang baik, karena bisa saja transaksi jual beli rumah gagal karena satu pihak yang tersinggung sehingga enggan menjual rumahnya kepada Anda.

5. Setalah deal harga, cocok dengan keinginan Anda, dan lengkap dengan seluruh kelengkapan dokumennya, kini Anda juga perlu lebih detail dan jeli seputar
beberapa hal.

Seperti mendapatkan informasi dari petugas pemerintahan. Apakah akan dibangun proyek yang kelak bisa saja mengganggu ketenangan lingkungan rumah Anda. Misalnya, akan dibangun flyover atau mungkin sekitar rumah terkena penggusuran massal dari pemerintah hingga memeriksa apakah ada jalur tegangan tinggi yang diusulkan yang mungkin bisa masuk di halaman Anda seperti sutet dan sejenisnya.

Setelah lima aspek di atas sudah Anda pertimbangkan, kini saatnya Anda membeli rumah untuk masa depan. Langsung bertransaksi dan jangan menunggu nanti dan nanti. Karena bila pemilik rumah berubah pikiran, bukan hanya Anda saja yang kecewa, keluarga Anda pun akan kecewa. Membeli rumah sekarang tentu akan menjadi investasi yang mewah di masa mendatang. (ang/ang, DetikFinance)