Lima Alasan Memiliki Rekening Tabungan Bersama Setelah Menikah

By on November 18, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 229 kali

Perencanaan Keuangan – Alasan wajib mempunyai tabungan bersama setelah menikah mungkin sangat dibutuhkan oleh pasangan yang berencana melakukan pernikahan, tetapi hal ini pun bisa dilakukan oleh pasangan yang sudah lama menikah. Jika Anda melihat pernikahan berkaitan dengan uang, mungkin Anda berpikir tentang perbedaan antara menjaga keuangan pribadi secara terpisah atau membukaan rekening tabungan bersama di mana Anda dan pasangan memiliki akses ke dana yang sama. Membuka rekening tabungan bersama dapat membantu merampingkan beberapa masalah keuangan rumah tangga yang sering dihadapi pasangan menikah dan ternyata juga mengarah ke komunikasi yang lebih baik karena bisa membagi segala sesuatu pasangan Anda. Berikut adalah beberapa alasan wajib mempunyai tabungan bersama setelah menikah yang bisa membuka pikiran Anda, dan pasangan.

Dana darurat

Suka atau tidak, ada akan hal-hal yang tidak bisa Anda dan pasangan antisipasi yang kemudian mempengaruhi keuangan rumah tangga Anda. Memiliki pegangan uang untuk menghadapi situasi ini bisa membuat hidup Anda lebih mudah, dan tentunya terhindar dari  stres. Ketika Anda memiliki rekening bersama untuk keadaan darurat tertentu seperti rumah dan perbaikan reguler, Anda tahu bagaimana untuk mengalokasikan dana untuk memperbaiki sesutu yang telah rusak.

Anggaran rumah tangga  

Membayar tagihan dan mencocokan semua biaya rumah tangga ke dalam anggaran akan lebih mudah jika Anda memiliki lebih banyak akses ke rekening bank yang digunakan. Rekening bersama dapat membantu memfasilitasi pembayaran tagihan bulanan yang lebih mudah dan administrasi keuangan secara menyeluruh untuk rumah atau apa pun yang dipegang oleh Anda dan pasangan juga sama.

Transparansi

Untuk beberapa pasangan menikah, memiliki rekening bersama memberikan keduanya ketenangan pikiran terutama tentang uang mereka. Kedua pasangan bisa melihat rekening tabungan bersama, seperti berapa jumlah uangnya dan untuk apa uang dihabiskan. Hal ini tentu terbuka sehingga lebih mudah mengawasi dan juga transparansi bagi sumber daya rumah tangga. Hal ini juga membantu salah satu dari Anda untuk berurusan dengan pertanyaan finansial ketika yang lain tidak ada.

Investasi bersama

Beberapa pasangan yang sudah menikah ingin mengambil risiko dalam melakukan pilihan berinvestasi secara berbeda. Rekening tabungan bersama dapat memberikan modal awal untuk membuka jalan baru ke masa depan demi keuntungan tambahan.

Pajak

Jika Anda sudah menikah, ketika datang waktunya untuk mengajukan pajak tahunan mungkin sebagian besar menjadi aktivitas yang tidak menyenangkan. Sebab Anda harus menghitung benda-benda yang terkena pajak, dan nilai pajak yang dikenakan pada benda-benda pajak tersebut. Dengan memiliki rekening tabungan bersama, memudahkan Anda dan pasangan untuk menerjemahkan aset yang terkena pajak. Aset mana yang harus dibayar secara bersama, dan aset mana yang dibayar sendiri karena dimiliki sebelum menikah.

Pikirkan hal-hal di atas ketika Anda memutuskan apa yang harus dilakukan pada rekening pribadi Anda, rekening rumah tangga ataupun rekening bisnis. Selain itu dengan melakukan renovasi pada struktur rekening bank Anda juga dapat mengubah cara Anda melihat uang dan membantu Anda dan pasangan untuk membuat keputusan keuangan yang lebih sehat di masa depan. Keuntungan dari belanja melalui rekening tabungan bersama-sama membuktikan slogan lama tentang keuangan, yaitu dua kepala lebih baik daripada satu kepala, selain itu hal ini pun mengurangi pasangan satu mengintimidasai pasangan lainnya karena masalah administrasi keuangan sebab Anda dan pasangan bisa bicara bebas tentang pilihan yang ingin dibuat dan rencana yang paling baik untuk kebahagiaan Anda berdua. Itulah lima alasan wajib mempunyai tabungan bersama setelah menikah.