Lemahnya Data Turut Menekan Bursa Jepang

By on April 30, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,687 kali

Lemahnya Data Turut Menekan Bursa Jepang

Menurunnya angka-angka ekonomi Jepang yang di rilis tadi pagi, menjadi kontribusi atas pelemahan indeks bursa utama Nikkei hari ini (Selasa, 30/4).

Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang tagi pagi merilis data industrial producton yang melambat pertumbuhannya, sementara data retail sales juga ikut jatuh, bahkan angka yang di rilis, semuanya meleset dari perkiraan.

Angka produksi industri hanya menguat 0.2% dari bulan sebelumnya, menyusut dari Februari yang tercatat naik +0.6% dan +0.3% di Januari. Sementara angka penjualan ritel anjlok 0.3% di bulan Maret dari setahun sebelumnya, meskipun untuk peritel berskala besar mengalami lonjakan sebanyak 2.4%. Di bulan Februari, penjualan keseluruhan merosot hingga 2.2%, sementara untuk peritel besar tumbang 3.7%.

Alhasil, angka ekonomi yang mengecewakan tersebut turut menjadi beban sentimen bagi investor sehingga mereka enggan untuk mengambil posisi di pasar dan menunggu petunjuk lain selanjutnya di pasar. Indeks utama Nikkei (N225) akhirnya ditutup dengan mersosot 0.25% pada level 13860.86 atau melemah -23.27 poin. Namun indeks Nikkei futures justru menguat +120 poin di area kisaran 13870.(dar)