Lebih Untung Mana Investasi Ruko, Apartemen atau Rumah?

By on November 5, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 409 kali

Investasi Properti – Lebih untung mana investasi ruko, apartemen atau rumah? Pertanyaan ini kerap dilontarkan para investor pemula di bidang properti. Mereka biasanya dibuat bingung ketika mencari informasi di internet. Pasalnya, setiap informasi memiliki jawaban yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan ruko lebih menguntungkan dari rumah, apartemen lebih menguntungkan dari ruko, rumah lebih menguntungkan dan masih banyak lagi.
Perbedaan pendapat tersebut terjadi karena sudut pandang yang tidak sama. Seperti diketahui, investasi properti terkait dengan bangunan tinggal. Nilai dan pandangan masyarakat akan bangunan tersebut tentu berbeda-beda di setiap daerah atau wilayah. Perbedaan kecenderungan pasar properti inilah yang menjadi hal dasar kenapa banyak sekali versi jawaban.

Jika demikian, lebih untung mana investasi ruko, apartemen atau rumah? Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan ini mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya. Dengan mengetahui plus minus dari jenis investasi properti Anda bisa mengukur sendiri mana yang jauh lebih menguntungkan.

Investasi Ruko

– Kelebihan: Dibanding apartemen atau rumah, keuntungan yang didapat dari investasi ruko cenderung lebih cepat. Alasannya hingga kini permintaan akan bangunan ruko cukup tinggi. Khususnya di kawasan perdagangan, bisnis dan entertainment. Jangak waktu penyewaan juga menengah yakni sekitar 2-3 tahun.
– Kekurangan: Bangunan ruko adalah yang paling rentan terdampak krisis ekonomi. Ini karena ruko identik dengan tempat berdagang dan permintaan sewa bisa menurun bila terjadi krisis. Lokasi berdirinya ruko juga turut menentukan untung tidaknya investasi ini. Jika lokasi bangunan tidak terlalu ramai, strategis atau punya prospek masa depan, maka susah laku.

Investasi Apartemen

– Kelebihan: Investasi satu ini sedang mengalami peningkatan di Jakarta dan sekitarnya. Permintaan cukup tinggi khususnya di area pemukiman ekspatriat, lingkungan kampus, dan CBD (Central Business District). Kelebihan apartemen ialah lokasi yang umumnya berada di tempat sangat strategis. Jangka waktu sewa sekitar 2-3 tahun dan biasanya sampai antri penyewa.
– Kekurangan: Laris manisnya apartemen bergantung pada lokasi strategis dan fasilitas memadai. Jika dua hal ini tidak tercapai maksimal bisa lebih susah laku. Modal untuk investasi ini pun jauh lebih tinggi dibanding ruko. Namun, masih lebih rendah dari rumah cluster yang strategis.

Investasi Rumah

– Kelebihan: investasi satu ini memiliki varian yang bisa dipilih. Misalnya rumah dijual, kontrakan atau kos-kosan. Anda bisa memilih mana yang lebih menguntungkan. Sesuaikan dengan kebutuhan di lingkungan sekitar. Permintaan rumah cukup tinggi khususnya di kawasan perkantoran dan kampus.
– Kekurangan: Hal paling mendasar ialah nilai ekonomis bangunan yang biasanya terus menyusut tiap tahun. Tingkat pengembalian keuntungan juga tak segencar ruko dan apartemen. Namun, lagi-lagi lokasi yang strategis turut menentukan harga jual.

Strategi Berinvestasi di Bidang Properti

Jika Anda masih bingung mana yang lebih menguntungkan, maka jawaban terbaik ialah tergantung strategi Anda. Lihat kecenderungan dan perkembangan pasar properti di tempat Anda akan berinvestasi. Misalnya, orang Jakarta mulai menyukai apartemen. Sedangkan di Surabaya masyarakatnya masih suka dengan rumah.

Strategi lainnya ialah berkaitan dengan lokasi ideal dengan pertumbuhan cepat. Juga bagaimana manajemen Anda dalam mengatur investasi tersebut. Contohnya, menunggu 2-3 tahun sebelum dijual sambil disewakan dulu. Banyak trik dan formula yang bisa Anda pelajari untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis properti. Pilihlah yang paling sesuai dan ideal bagi Anda dan pasar properti. Jadi, lebih untung mana investasi ruko, apartemen atau rumah?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty