Lebih Untung Investasi Emas Fisik atau Trading Emas?

By on February 15, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 226 kali

Investasi Emas – Mungkin sebagian besar orang bertanya lebih untung investasi emas fisik atau trading emas? Sepertinya keduanya memberikan keuntungan yang menarik, mengingat emas adalah objek investasi yang sangat aman. Emas mampu mempertahankan aset kita dalam menghadapi inflasi. Investor lebih menyukai menyimpan emas karena sifatnya fleksibel sebagai investasi jangka pendek, maupun jangka panjang. Bahkan, sebagian orang menyebut emas sebagai investasi antikrisis, selama mengetahui arah pergerakan harganya.

Ada dua macam investasi emas yang berlaku di masyarakat, yaitu jual beli emas fisik dan trading emas online. Setiap cara investasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu perlu mengetahui jenis-jenis investasi emas yang lazim diketahui masyarakat.

Macam-macam Investasi Emas

1.   Jual beli emas fisik
Saat Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam bentuk emas fisik, maka harus dipastikan persediaan emas sesuai harga yang diinginkan. Seringkali terjadi ketika emas berada di harga rendah, persediaan barang menipis dan ketika harga emas kembali naik tiba-tiba stok mas tersedia.

Kasus ini mungkin bagi Anda yang berencana berinventasi dalam jumlah besar. Tapi jika Anda hanya membutuhkan sedikit, tidak akan jadi masalah mengenai ketersediaan di pasaran. Apalagi sekarang toko emas menyediakan emas batangan dalam berat kecil yang lebih terjangkau bagi segala lapisan masyarakat, mulai dari 5, 10, 25, 50 gram dan seterusnya.

2.   Gadai syariah
Sistem investasi dengan cara gadai syariah tengah populer di Indonesia. Caranya dengan membeli emas batangan di bank dengan cara mencicil sesuai dengan platform yang disetujui. Emas secara fisik dapat diterima ketika cicilan dan biaya titip sudah dilunasi.

Perhitungannya seperti ini, biaya titip di gadai syariah adalah Rp 150/gram per harinya. Contohnya, Anda ingin mencicil emas seberat 100 gram. Jadi biaya titip yang dibebankan ke nasabah sebagai berikut,
(100 x Rp150)x 30 = Rp 450.000 dalam sebulan

3.   Trading Emas Online
Melakukan trading emas secara online memberikan Anda kebebasan bertransaksi. Anda bisa berada di posisi BUY atau SELL sesuai dengan harga di pasaran. Ketika harga emas naik, maka Anda akan memasang posisi BUY, sebaliknya ketika harga turun Anda bisa memasang SELL. Dengan kemudahan ini, tidak heran jika trading emas lebih disukai para investor.

Meskipun demikian, perlu berhati-hati dalam memilih broker online. Sebab banyak pihak yang memanfaatkan kesempatan baik ini untuk mencari keuntungan pribadi secara tidak bertanggungjawab. Pastikan Anda memiliki informasi yang benar dan cukup tentang broker yang akan digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas dan Trading Emas

  • Modal
    Dilihat dari segi modal, investasi emas fisik membutuhkan modal yang besar untuk membeli emas batangan. Berbeda dengan investasi melalui trading online, Anda cukup menyediakan dana sebesar 5 juta rupiah, dan keuntungan bisa didapat ketika harga emas sedang naik atau turun.
  • Keamanan
    Mengenai keamanan, tentunya Anda akan sedikit rumit mengamankan emas-emas batangan secara fisik. Tempat penyimpanan harus benar-benar aman dan tidak banyak diketahui orang. Jika disimpan di bank, maka membutuhkan biaya administasi yang besar setiap bulannya. Sedangkan, trading emas tidak perlu khawatir menyimpan emas, karena tidak ada wujudnya secara fisik. Selain itu, nilai emas yang ditransaksikan dijamin oleh Bullion Association London.
  • Potensi keuntungan
    Jika investasi emas batangan secara fisik, dan ingin menjualnya saat harga sedang turun, maka jelas Anda mengalami kerugian. Sedangkan, trading emas memberikan potensi keuntungan lebih besar, karena sistem dua arah, saat harga naik atau turun, Anda tetap untung.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi emas? Anda sudah tahu jawaban lebih untung investasi emas fisik atau trading emas bukan?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty