Lebih Untung Beli Properti dengan Cara KPR atau Cash untuk Investasi?

By on October 13, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 594 kali

Investasi Properti – Berniat untuk memulai  investasi properti? Dalam investasi dalam instrument ini, jarang sekali ditemukan istilah rugi. Sudah banyak sekali tips-tips yang bisa ditemukan di berbagai buku maupun situs-situs tentang cara berinvestasi properti yang menguntungkan. Namun, ada pula satu pertanyaan yang seringkali membuat bingung para calon investor, “Lebih untung beli properti dengan cara KPR atau cash?”. Kedua pilihan ini biasa Anda temukan ketika berniat membeli properti. Sebelum menentukan mana yang lebih menguntungkan, sebaiknya cari tau pengertian, kekurangan, dan kelebihan dari kedua pilihan ini.

Membeli properti secara KPR dapat diartikan dengan membeli properti secara kredit. Dengan begitu, Anda bisa mencicil properti yang akan Anda beli. Biasanya fasilitas ini bisa didapatkan melalui berbagai perbankan dalam bentuk agunan berupa properti yang dibeli. KPR sendiri dibagi menjadi beberapa kategori. Biasanya untuk pembelian properti, maka yang digunakan adalah KPR Pembelian. Ada pula developer yang mengadakan pembelian rumah secara KPR, agar prosesnya semakin mudah dan juga cepat. Kebanyakan orang mengatakan jika membeli properti lewat KPR akan lebih menguntungkan, namun begitukah kenyataannya?

Akan lebih baik jika ingin membeli rumah secara cash, gunakan dana yang menganggur (idle cash). Apalagi jika Anda mempunyai dana yang sudah terpisah-pisah untuk jaminan kesehatan, kebutuhan darurat, dan juga portfolio investasi di berbagai instrument. Perlu disiapkan pula biaya-biaya tambahan yang akan timbul ketika membeli properti tersebut. Sertifikat-sertifikat penting harus diperiksa dengan teliti ketika membeli properti secara cash, tentu saja untuk meminimalisir terjadinya penipuan.

Banyak hal-hal yang perlu dipikirkan sebelum memilih membeli properti secara KPR atau cash. Hal ini bisa dilihat dari tren suku bunga. Kembali lagi ke modal yang dimiliki oleh calon pembeli. Sebaiknya pilih KPR jika dana tunai yang dimiliki tidak dapat mencukupi. Siapkan dana darurat dan fungsi proteksi untuk menjaga-jaga hal yang yang tidak diinginkan. Sesuaikan pula pengeluaran dan kebutuhan per bulan dengan pilihan KPR yang ada. Sesungguhnya keputusan mencicil rumah harus dipikirkan secara matang-matang. Pikirkan kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi, seperti hilangnya pekerjaan dan tidak bisa mencicil rumah tersebut. Pikirkan pula tingkat bunga dari bank yang satu, ke bank lainnya.

Kembali ke pertanyaan: Lebih untung beli properti dengan cara KPR atau cash? Semuanya jelas tergantung kepada kemampuan sang calon pembeli. Dibandingkan KPR, membeli properti secara cash akan lebih aman. Memang membeli KPR bisa menguntungkan karena sebagian dana yang tersisa bisa digunakan untuk investasi lain. Namun, tidak selamanya bisa menguntungkan. Ini dikarenakan suku bunga bank yang terlalu fluktuatif. Maka, sebaiknya pikirkan kembali keuntungan dan kerugian membeli properti secara KPR atau cash. Semoga bermanfaat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty