Langkah Pemula untuk Berinvestasi Saham

By on June 20, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,656 kali

Langkah Pemula untuk Berinvestasi Saham

Orang kaya kebanyakan mendapatkan keuntungan atas investasinya pada portofolio saham. Oleh sebab itu memang tidak mengherankan jika investasi saham sudah menjadi kewajiban bagi sebagian orang yang telah memahaminya. Alasannya karena upah hasil yang akan didapatkannya akan jauh lebih besar bahkan melebihi keuntungan dari jenis investasi yang lainnya seperti asuransi maupun deposito, sama halnya pada instrumen investasi yang lain layaknya investasi emas maupun properti. Selain itu meski kita coba bandingkan dengan yang lain pada pasar modal baik itu obligasi, reksadana, portofolio maka untuk jenis investasi saham masih bisa dikatakan lebih unggul.

Jadi bagi anda yang memiliki keinginan untuk memperoleh passive income dengan nominal yang lumayan, maka kurang tepat bagi anda untuk menjatuhkan pilihan pada jenis investasi deposito ataupun tabungan. Apabila anda mempelajari investasi saham dengan cermat maka anda pun pasti juga akan menemui beberapa banyak keuntungan yang mungkin tidak bisa anda temui di jenis investasi lainnya. Sebenarnya, untuk memulai berinvestasi saham tidaklah sesulit apa yang terlintas di pikirkan anda. Lantas langkah tepat seperti apa yang baik diterapkan dalam memulai investasi saham?

  • Tentukan perusahaan sekuritas yang tepat

Memang perlu anda ketahui terdapat lebih dari 120 perusahaan sekuritas yang dapat anda pilih untuk berinvestasi saham. Baik itu perusahaan bursa efek dalam skala besar, menengah maupun yang kecil. Kemudian setelah menemukan yang tepat segera daftar dan anda dapat langsung memulai untuk berinvestasi.

  • Menyimpan dana deposito

Apabila anda telah terdaftar pada perusahaan sekuritas yang anda rasa tepat. Lalu segera simpanlah dana minimal yang telah ditetapkan, meskipun tiap tiap broker itu berbeda. Untuk saat ini anda sudah dapat investasi saham hanya dengan dana 5 hingga 10 juta, kemudian setelah itu anda sudah dapat melakukan pembelian sebuah saham secara trading online maupun manual.

  • Pahami perubahan harga saham

Terdapat 2 model pendekatan yang perlu anda pahami apabila anda menginginkan keberhasilan dalam sebuah investasi saham. Yang pertama perhatikan karakteristik, latar belakang maupun nilai dari sebuah perusahaan, atau biasa dikenal dengan analisis fundamental. Yang kedua dengan menganalisa secara teknik, karena analisa teknik telah diterapkan ke semua jenis analisa profesional termasuk untuk melihat pola perubahan harga saham yang terjadi di kondisi pasar melalui suatu grafik. Disini anda wajib mengetahui bahwa analisa teknik dibagi menjadi dua yakni analisa modern dan analisa klasik. Untuk analisa klasik digunakan untuk menganalisis suatu perubahan harga saham yang murni melalui sebuah grafik saja, sedangkan untuk analisa modern digunakan untuk menganalisis perubahan harga saham dengan melalui berbagai perhitungan matematika.

  • Membaginya ke dalam 5 bagian investasi
    Sebaiknya dari semua dana anda, bagilah ke dalam 5 bagian. Jadi jangan selalu membelanjakan keseluruhan total dana hanya untuk mendapatkan suatu saham. Hal ini termasuk penting mengingat juga dapat meminimalkan kemungkinan kerugian apabila terjadi anjloknya harga pasar. Misalnya saja ketika pasar saham mengalami penurunan 3% maka anda bisa menggunakan bagian pertama tersebut untuk membeli saham, kemudian jika terjadi penurunan lagi maka bagian yang kedua bisa anda gunakan dan seterusnya. Sehingga tidak semua bagian langsung anda gunakan untuk membelinya pada satu waktu. Jadi istilahnya anda masih memiliki aset dalam berinvestasi. Namun apabila yang terjadi baik itu naik maupun turun , anda juga masih dapat mendapatkan suatu keuntungan yang maksimal, terlebih lagi anda akan terbebas dari rasa khawatir apabila melihat kondisi pasar saham sedang mengalami penurunan.
  • Hindari penggunaan margin call
    Untuk seorang investor pemula, sangat disarankan bagi anda untuk tidak menggunakan margin call atau yang biasa disebut melakukan peminjaman dana kepada broker.