Langkah Mudah Investasi Reksadana

By on September 7, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 390 kali

Investasti reksadana adalah salah satu investasi yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini karena saat ini masyarakat memang lebih pintar dalam melihat peluang usaha demi menjadikan keuangannya menjadi lebih baik. Tidak hanya banyak usaha yang mulai bermunculan, orang-orang yang tadinya sama sekali buta masalah usaha justru menjadi pengusaha sukses karena kemauan dan ketekunannya. Memang dalam hal usaha Anda tidak boleh mudah putus asa, dalam usaha dan investasi kerugian itu tidak bisa dihindari namun bagaimana caranya agar kita bisa meminimalisir kerugian yang bisa kita dapat dari usaha atau investasi yang kita lakukan. Berbagai media sudah sering membicarakan mengenai perekonomian Indonesia, sekali-sekali juga sering disinggung mengenai investasi reksadana. Namun bagi Anda yang masih awam namun ingin melakukan investasi reksadana sehingga bisa mendapatkan keuntungan, maka Anda perlu mengetahui mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan investasi reksa dana.

Langkah Awal Memulai Investasi Reksadana

Karena ini adalah pertama kali Anda memulai investasi reksadana maka normalnya untuk pertama Anda mesti memperkuat dasar pengetahuan Anda tentang investasi reksadana. Anda harus tahu bahwa investasi reksadana ini sama seperti investasi yang lainnya, keuntungan yang didapat tidak bisa diprediksi sehingga untuk mendapat keuntungan Anda juga harus menguasai trik-trik tertentu untuk membuat investasi Anda ini menghasilkan buat Anda. Jangan lupa juga bahwa dalam investasi reksadana ini Anda juga bisa mengalami kerugian dan hal tersebut merupakan resiko yang harus Anda tanggung. Jika Anda tidak begitu mengetahui mengenai produk reksadana yang dijual di Indonesia maka Anda bisa mengeceknya secara berkala melalui prospectus reksadana atau Fund Factsheet yang langsung dikeluarkan oleh Manajer Investasi atau MI. Untuk dapat memulai sebuah investasi reksadana maka Anda harus menyempatkan diri untuk membaca dan mempelajari semua informasi tentang produk reksadana tersebut berikut resiko yang bisa didapatkan serta biaya yang harus Anda keluarkan. Dengan kemampuan finansial Anda dan resiko yang bisa terjadi, maka Anda bisa menentukan sebaiknya Anda membeli produk yang mana dalam melakukan investasi reksadana.

Cara Pembelian Produk Investasi Reksadana

Untuk membeli produk reksadana sebaiknya Anda langsung membelinya pada Manajer Investasi yang lebih resmi dan biasanya bisa memberikan harga yang lebih murah daripada di tempat lain. Selain itu, jika Anda ingin membelinya di bank juga bisa, namun pilihlah bank yang memang secara resmi mempunyai izin untuk menjual produk reksadana. Untuk membeli sebuah produk reksadana maka Anda biasanya hanya bisa membeli pada hari-hari bursa saja. Cara yang pertama, di tempat pembelian reksadana Anda akan diberikan waktu untuk mengisi beberapa formulir sama halnya seperti saat Anda ingin membuat sebuah buku rekening di bank, Anda juga perlu menyiapkan beberapa dokumen yang menjadi persyaratan kemudian juga jangan lupa untuk membawa dana yang akan Anda investasikan. Jika Anda merupakan investor individual maka Anda membutuhkan NPWP dan juga KTP.

Kedua, investasi Anda nantinya akan diproses dengan merujuk pada Nilai Aktiva Bersih atau NAB per unit. NAB ini akan dipengaruhi oleh harga produk reksadana yang ada di pasaran dan juga oleh penjualan dan pembelian yang Anda lakukan.

Ketiga, Setiap harinya jika Anda ingin membeli atau menjual produk reksadana Anda maka Anda harus memperhatikan cut off time atau batasan waktu yang ditetapkan, cut off time ini biasanya antara jam 12.00 hingga 13.00 WIB. Misalnya, saat Anda membeli reksadana sudah pukul 13.30 WIB maka harga yang akan dibebankan pada reksadana yang Anda beli adalah harga reksadana di hari selanjutnya. Maka dari itu dengan memperhatikan harga dan cut off time ini maka Anda bisa untung atau rugi.

Keempat, setelah melakukan transaksi Anda akan menerima surat konfirmasi transaksi investasi reksadana.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty