Langkah-langkah Berobat Menggunakan BPJS

By on January 4, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 466 kali

Asuransi – Untuk berobat menggunakan BPJS maka anda harus mendaftar melalui kantor BPJS yang ada di daerah anda terlebih dahulu. Untuk berobat menggunakan BPJS maka anda harus menyiapkan dokumen-dokumen berikut ini:

  1. Kartu BPJS asli beserta fotocopynya. Anda harus membawa kartu BPJS jika anda ingin menggunakan pelayanan kesehatan menggunakan BPJS. Jangan lupa untuk membawa fotocopynya karena bisa saja dibutuhkan dan anda tidak perlu repot untuk mencari tempat untuk memfotocopy kartu BPJS anda.
  2. Bawa juga fotocopy KTP yang masih berlaku, jika yang berobat ini adalah anak anda maka anda bisa membawa kartu pelajar atau KTP orang tuanya kalau anaknya belum mendapatkan KTP dan Kartu Pelajar. Untuk anak yang belum mendapatkan KTP maka bawa juga AKTE kelahirannya sebagai tanda pengenal. Anda juga harus membawa fotocopy kartu keluarga.
  3. Jika anda ingin berobat ke fasilitas kesehatan selain tingkat satu maka bawa juga fotocopy surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat 1. Surat rujukan ini nanti bisa ditujukkan ke bagian pendaftaran atau bagian BPJS yang ada di rumah sakit tersebut.

Setelah anda menyiapkan dokumen tersebut maka langkah selanjutnya adalah anda harus memperhatikan langkah-langkah berobat dengan BPJS berikut ini:

  1. Saat pengguna BPJS membutuhkan pelayanan kesehatan maka bisa mendatangi fasilitas layanan kesehatan tingkat 1 yang telah tertera pada kartu BPJS masing-masing pengguna. Ini bisa di klinik atau puskesmas yang ada di wilayah anda. Anda tidak bisa langsung mengunjungi rumah sakit jika anda ingin biayanya ditanggung oleh pihak BPJS. Pada keadaan darurat seperti kecelakan barulah bisa langsung mengunjungi rumah sakit. Anda harus melakukan langkah ini secara berurutan sehingga biaya kesehatan anda bisa ditanggung oleh pihak BPJS sesuai dengan iuran yang anda bayarkan setiap bulannya.
  2. Setelah anda mendatangi fasilitas kesehatan tingkat 1 maka akan dilakukan pengobatan lebih lanjut jika diperlukan. Jika penyakit anda masih bisa ditangani oleh fasilitas kesehatan tingkat 1, anda tidak perlu mengunjungi rumah sakit. Namun jika penyakit anda tidak bisa ditangani oleh fasilitas kesehatan tingkat 1 maka anda akan mendapatkan rujukan untuk melakukan pengobatan ke rumah sakit swasta atau pemerintah yang menjadi partner dari BPJS. Surat rujukan ini akan berlaku untuk waktu tertentu bisa 1 bulan atau lebih. Anda bisa melihat di surat rujukan tersebut untuk lebih lanjutnya. Biaya pengobatan anda di rumah sakit rujukan masih ditanggung oleh pihak BPJS sesuai dengan iuran bulanan yang anda bayarkan.
  3. Setelah itu, anda bisa mendatangi rumah sakit yang telah dirujuk oleh fasilitas kesehatan tingkat 1 tersebut. Anda harus membawa surat rujukan ke rumah sakit tersebut. Jika anda tidak membawa surat rujukan maka layanan kesehatan anda tidak bisa ditanggung oleh pihak BPJS di rumah sakit rujukan tersebut. Anda bisa menunjukkan surat rujukan itu pada bagian pendaftaran di rumah sakit tersebut. Anda akan diminta fotocopy kartu BPJS dan dokumen yang telah disebutkan diatas. Setelah itu, anda akan dibuatkan kartu berobat di rumah sakit tersebut.
  4. Jika dalam keadaan yang sangat darurat dan tidak memungkinkan untuk mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat 1 terlebih dahulu maka diperbolehkan untuk langsung ke rumah sakit. Ini tidak menyalahi aturan dan biaya kesehatan masih ditanggung pihak BPJS asalkan membawa kartu BPJS.

Itulah langkah-langkah berobat dengan BPJS yang harus anda ikuti sehingga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan benar.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty