Langkah-Langkah Berinvestasi Saham Lokal

By on May 28, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,303 kali

Investasi Saham – Saham adalah salah satu alat investasi yang digemari investor dalam dan luar negeri. Ketika kita membeli saham, kita membeli sebagian kepemilikan, atau ekuitas, di perusahaan publik, atau perusahaan yang memang melepas sebagian kepemilikannya pada khalayak umum.

Satu-satunya tempat dimana saham lokal indonesia diperdagangkan adalah Bursa Efek Indonesia (BEI). Namun Anda tidak bisa langsung ke BEI untuk membeli saham, layaknya Anda ke bank untuk mendapatkan produk perbankan seperti kartu kredit.

Pembeli saham harus menghampiri dan mengajukan pendaftaran pada perusahaan pialang, atau broker, saham. Situs BEI mencantumkan daftar lengkap perusahaan pialang yang menjadi anggota bursa, dan Anda bisa melakukan pembelian secara langsung dengan menelpon pialang, atau melalui sistem online yang disediakan oleh pialang.

Setelah Anda menjadi klien salah satu pialang, barulah Anda bisa membeli saham. Anda bisa memilih membeli saham dari sekitar 502 perusahaan tercatat di BEI. Perusahaan yang tercatat menjalankan aneka ragam bisnis, mulai dari pertambangan hingga fashion. BEI mempunyai daftar yang dikenal sebagai LQ45, yaitu daftar 45 perusahaan dengan likuiditas tertinggi, atau yang memiliki nilai transaksi tertinggi. Umumnya, persahaan-perusahaan besarlah yang masuk kedalam daftar LQ45, yang selalu berubah dari waktu ke waktu.

Anda juga bisa mengecek harga saham perusahaan tertentu di BEI. Harga saham bisa naik dan turun, tergantung beberapa faktor seperti volume penjualan dan sentimen pasar pada hari itu. Biasanya, semakin besar dan sehat suatu perusahaan, semakin tinggi pula harga sahamnya.

Anda harus membeli minimal satu lot saham yang terdiri dari 100 lembar saham. Untuk tahu berapa yang Anda harus keluarkan untuk satu lot, Anda tinggal kalikan harga per lembar saham dengan 100. Misalnya, jika harga saham sebesar Rp 10.000 per lembar, maka Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 1 juta untuk membeli minimal satu lot.

Setelah Anda memutuskan saham mana yang ingin dibeli, Anda bisa menghubungi pialang untuk melakukan pemesanan pembelian saham. Tapi jika Anda memiliki akses ke online trading, Anda bisa melakukan ini sendiri. Namun, Anda harus membayar biaya pembelian saham pada pialang Anda. Biasanya, biaya terdiri dari harga saham, komisi pialang dan PPN 10%.

Selain membeli saham, Anda juga bisa menjual saham yang Anda miliki. Prosesnya juga harus melalui pialang saham dan BEI. Dan sama seperti pembelian, Anda juga akan dikenakan biaya untuk penjualan saham melalui pialang.

Anda bisa mengasah pengetahuan tentang saham dari buku-buku bukan saja mengenai investasi saham, tapi juga investor-investor sukses, seperti Warren Buffet. Pantau juga berita dan informasi terkini mengenai ekonomi dan bisnis agar Anda tahu tren pasar kini dan esok. Semoga Bermanfaat!!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh HaloMoney