Lakukan Kewajiban Anda Sebelum Tanda Tangan Kontak Asuransi

By on March 4, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 306 kali

Asuransi – Wajib membaca polis dengan seksama agar tidak tersesat di kemudian hari. Pernyataan tersebut benar-benar harus Anda lakukan sebelum tanda tangan polis asuransi. Karena polis asuransi merupakan kontrak yang berisi segala hak dan kewajiban nasabah berikut syarat dan ketentuan terhadap suatu jenis asuransi.

Anda  Wajib membaca polis dengan seksama agar tidak tersesat di kemudian hari bahkan mengalami kerugian. Ingat bahwa premi yang Anda bayarkan adalah uang Anda, sehingga Anda perlu mengetahui dengan jelas manfaat dari uang yang Anda dikeluarkan itu.

Alasan malas membaca polis asuransi

Meski banyak orang menyadari jika polis asuransi merupakan rincian dari hak dan kewajiban nasabah serta syarat dan ketentuan terhadap suatu jenis asuransi, tetap saja ada calon nasabah yang malas membaca polis asuransi. Lalu apa alasan seseorang malas membaca polis asuransi?

Pertama karena bahasa yang tertera pada polis asuransi merupakan bahasa hukum yang rumit, sehingga tidak mudah memahami maksud yang tertera di dalam polis asuransi. Kedua karena penggunaan huruf yang berukuran kecil disertai kalimat yang panjang, dan juga banyak poin aturan yang tertulis.

Poin yang harus dicermati

Meski memuat begitu banyak poin aturan, tetapi ada beberapa poin yang harus dicermati dari sebuah polis asuransi.

  1. Nama tertanggung
    Anda harus benar-benar mengecek nama yang menjadi tanggungan pada polis asuransi. Sebab, seringkali asuransi dibuat untuk orang lain, seperti anak, isteri, atau pegawai. Tetapi belum tentu pihak yang membayarkan premi adalah pihak yang menjadi tanggungan asuransi.
  2. Penerima manfaat asuransi
    Anda harus benar-benar mengecek nama yang tercantum di polis asuransi sebagai penerima manfaat asuransi. Pastikan jika penulisan nama dilakukan dengan benar karena jika terjadi kesalahan akan menimbulkan kesulitan ketika melakukan klaim.
  3. Risiko yang dijamin
    Dalam polis asuransi akan tertera ketentuan tentang risiko yang dijamin. Anda harus memahami apa saja risiko yang ditanggung oleh pihak asuransi secara mendetail.
  4. Risiko yang dikecualikan
    Dalam polis asuransi akan tertera ketentuan tentang risiko yang dikecualikan. Anda harus memahami apa saja risiko yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi secara mendetail.
  5. Nominal pertanggungjawaban
    Anda harus benar-benar mencermati nominal pertanggungjawaban pihak asuransi, mulai dari besarannya, besar premi untuk mencapai uang pertanggungjawaban tersebut, serta objek yang dipertanggungjawabkan.
  6. Prosedur klaim
    Dalam polis asuransi akan tertera ketentuan tentang prosedur klaim. Ada beberapa hal yang harus Anda tanyakan langsung kepada agen asuransi Anda, yaitu tata cara, batas waktu, jumlah klaim yang bisa diambil pada batas waktu tertentu, serta dokumentasi yang diperlukan untuk mengajukan klaim.
  7. Masa berlaku polis asuransi
    Anda harus benar-benar mencermati masa berlaku dan berakhirnya asuransi yang tertera di polis asuransi. Selain itu perhatikan tanggal, bulan serta  tahun berlakunya perjanjian tersebut.

Wajib bertanya tentang polis asuransi

Selain wajib membaca, Anda juga wajib bertanya kepada agen atau pihak asuransi. Mengapa Anda wajib bertanya?

  1. Karena polis asuransi membuat banyak poin aturan, mungkin saja ada poin aturan yang kurang Anda pahami, sehingga membutuhkan penjelasan lebih lanjut.
  2. Karena polis asuransi merupakan perjanjian asuransi, sehingga bisa saja terjadi revisi. Untuk mengetahui hal ini, Anda harus menanyakannya secara langsung  tentang kemungkinan revisi, poin yang dapat direvisi, dan jangka waktu revisi.
  3. Karena polis asuransi merupakan kontrak hak dan kewajiban antara perusahaan asuransi dan pemegang polis, maka akan memuat reward beserta sanksinya. Untuk itu Anda harus menanyakannya secara langsung  tentang risiko negatif dari kontrak tersebut.

Sediakan waktu lebih agar Anda bisa melakukan kewajiban Anda yang ingin berasuransi, yaitu Wajib membaca polis dengan seksama agar tidak tersesat di kemudian hari.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty