Konseling Kredit: Pedang Dengan Dua Mata

By on June 19, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 299 kali

Perencanaan Keuangan – Apakah hutang Anda sudah keluar dari kemampuan Anda untuk mengendalikan?  Anda harus meminta bantuan lebih awal daripada menunda. Anda harus memilih konseling untuk kredit konsumen di saat Anda menyadari bahwa Anda tidak dapat membayar tagihan Anda tepat waktu, atau tidak mampu membayar cicilan minimum bulanan untuk kartu kredit Anda. Tidak ada gunanya dalam mencapai tahap di mana penagih hutang mulai muncul di depan pintu Anda setiap pagi untuk mengambil iuran mereka.

Konseling kredit dapat memberi Anda sejumlah ide tentang bagaimana mengelola hutang. Hal ini juga dapat membawa beberapa disiplin keuangan dalam hidup Anda. Namun, tidak semua konselor kredit benar-benar menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, penting untuk memilih layanan konseling yang tepat.

Anda harus berhati-hati dari organisasi yang mengenakan biaya lebih dari biaya biasa di muka. Lebih baik Anda menjauhi layanan yang menawarkan akan melunasi utang Anda dengan sedikit atau tanpa uang, juga, karena layanan tersebut pasti tidak sah. Sebuah ide yang baik adalah untuk memeriksa apakah perusahaan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Anda juga harus memastikan bahwa pembayaran yang dilakukan kepada perusahaan konseling kredit akan ditransfer ke kreditur Anda tepat waktu. Terlambat atau pembayaran hilang mencerminkan peringkat kredit Anda yang buruk, dan jika ini dianggap sebagai latihan yang teratur, Anda akan lebih baik tanpa jasa lembaga yang tidak etis tersebut.

Konseling kredit sering dipandang sebagai pedang bermata dua. Di satu sisi, hal ini membantu Anda mengelola hutang Anda lebih baik. Di sisi lain, hal ini menyabotase reputasi Anda di mata para kreditur. Hal ini, bagaimanapun, dapat dikatakan bahwa aspek-aspek positif dari layanan jauh lebih besar daripada negatif. Sementara beberapa kreditur mungkin waspada terhadap pinjaman uang lagi, sebagian besar yang lain masih akan bersedia memberikan pinjaman, setelah Anda membersihkan hutang dengan bantuan konseling kredit. Bagian dari layanan konseling yang baik harus membantu mengarahkan Anda ke arah peringkat kredit yang baik setelah Anda mampu keluar dari hutang.

Sangat disarankan Anda melakukan penelitian Anda dengan benar dan memilih layanan yang tidak malah semakin  membuat buruk peringkat kredit Anda. Misalnya sebuah perusahaan yang melabeli  Anda dengan tunggakan kredit harus dihindari, sementara perusahaan yang hanya menginformasikan kreditor Anda tentang keputusan Anda untuk mengambil konseling kredit adalah pilihan yang lebih harus dipilih.

Dalam sebagian besar kasus, konseling kredit bekerja, dan bekerja dengan baik. Sayangnya, jika Anda terlalu jauh ke dalam utang dan mendekati kebangkrutan, layanan ini akan ada gunanya bagi Anda. Hal ini juga penting untuk mengekang dorongan pengeluaran Anda; jika tidak, keuntungan apa pun yang diperoleh dari konseling kredit akan hilang.

Konseling kredit bekerja. Jangan takut untuk mencobanya. Anda akan segera dapat meredakan beberapa kekhawatiran konstan yang sering malapetaka mereka yang tenggelam dalam utang.