Klaim Asuransi Kendaraan Mudah, Cepat Dan Tidak Merepotkan

By on October 12, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 316 kali

Asuransi – Bagaimana sih cara claim asuransi kendaraan agar tidak repot? Bentuk pertanyaan yang satu ini seringkali ditanyakan oleh para pemilik kendaran, baik itu motor atau bahkan mobil sekali pun. Sebenarnya bagi Anda yang memiliki asuransi untuk kendaraan tidak perlu merasa direpotkan karena bentuk keamanan atas kecelakanan yang terjadi pada kendaraan Anda dapat ditangulangi dengan mudah oleh asuransi tersebut. Lalu bagaimana untuk melakukan claim agar prosesnya tidak lama dan juga lebih memudahkan Anda? Simaklah beberapa uraian singkat yang akan penulis jelaskan di bagian bawah ini :

Klaim untuk kecelakaan diri

Pada klaim yang satu ini, Anda mengajukan klaim atas diri Anda sendiri dengan polis dari asuransi yang Anda miliki, jika memang bentuk asuransi tersebut dilakukan dengan jenis dari asuransi yang komprehensif. Jika kecelakaan terjadi, hal pertama yang disarankan untuk Anda lakukan adalah menghubungi pihak dari bagian asuransi dengan segera. Selain melaporkan bentuk kejadian dari kecelakaan yang Anda alami, Anda juga wajib untuk melaporkan nama serta lokasi dari tempat bengkel yang memang Anda gunakan untuk mengirimkan kendaraan Anda yang hendak dilakukan reparasi terhadapnya.

Kemudian perhatikan pula bentuk formulir LKKB yaitu laporan kecelakaan kendaraan bermotor yang hendak Anda isi dengan teliti yang kemudian wajib untuk diserahkan dengan dokujmen lainnya pada pihak asuransi. Hal ini juga berkaitan dengan bentuk bengkel rekanan yang biasanya baru mau memulai reparasi jika dokumen Anda tersebut sudh dimasukkan dan diproses. Setelah reparasi selesai, maka Anda pun akan dihubungi kembali untuk mengambil kendaraan tersebut. Dalam melakukan klaim yang satu ini Anda mendapatkan bentuk kerugian karena tidak adanya potongan harga yang diberikan.

Klaim untuk pihak ketiga

Sementara itu, pada bentuk klaim yang satu ini biasanya dilakukan karena Anda adalah orang ketriga yang terlibat dalam kecelakaan tersebut, seperti halnya menjadi pihak yang ditabrak. Dalam proses klaim yang satu ini Anda masih bisa mendapatkan bentuk no claim bonus.

Bagi Anda yang berperan sebagai pihak ketiga yang ingin melakukan klaim bisa dilakukan dengan dua macam cara, diantaranya :

Cara pertama
Untuk klaim yang satu ini bisa Anda lakukan dengan cara langsung kepada pihak perusahaan asuransi Anda sendiri yang tentunya menjadi bentuk pilihan terbaik untuk melakukan klaim asuransi.

Cara kedua
Sedikit berbeda dengan cara yang pertama yang mana dilakukan secara langsung, untuk cara yang kedua ini baru bisa Anda ajukan dengan cara langsung seperti di bagian atas, namun jika asuransi yang Anda miliki berada dalam bentuk asuransi komprehensif.

Mengapa pengajuan dilakukan oleh diri Anda sendiri? Karena dengan cara yang satu ini biasanya pengajuan klaim pun dapat dilakukan dengan lebih mudah, dan juga cepat sehingga tidak membuat Anda menjadi repot dan lama menanti.

Namun sebagai pihak ketiga yang tengah melakukan klaim, Anda juga diwajibkan untuk menghindari beberapa bentuk kerugian, berikut ini penuliskan berikan beberapa tips yang bisa menghindari kerugian tersebut, diantaranya adalah :
– Menunjuk pihak penilai klaim yang sudah terdaftar untuk mengestimasi tingkat kerugian yang Anda terima
– Menyerahkan formulir dari LKKB serta laporan untuk penilai klaim yang dilakukan bersamaan dengan bentuk dokumen lainnya yang biasanya diperlukan dalam asuransi dengan waktu yang sesegera mungkin.
– Anda juga memiliki hak yang berkaitan dengn pengajuan untuk klaim penggantian dari biaya transportasi kepada pihak perusahaan asuransi dari pihak ketiga, penggantian ini biasanya berupa bentuk kompensasi
– Pihak perusahaan asuransi juga harus memberikan bentuk tambahan dengan jumlah sebanyak tujuh hari bagi situasi tidak terduga yang mungkin mengakibatkan adanya penundaan pada prosesnya.

Demikianlah beberapa bentuk cara claim asuransi kendaraan agar tidak repot yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan juga cukup cepat.