Keuntungan Investasi Properti

By on June 27, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,053 kali
investasi properti

Keuntungan Investasi Properti

Sudah menjadi rahasia yang umum akan keuntungan yang bisa diperoleh dari berinvestasi properti, sehingga berinvestasi di bidang ini bisa dijadikan bisnis terbaik untuk mengembangkan kekayaan yang kita miliki. Berbicara mengenai apa saja keuntungannya, maka anda coba simak beberapa poin dibawah ini :

1. Memiliki risiko lebih kecil

Memang hampir semua jenis investasi mempunyai resiko, akan tetapi untuk investasi dibidang properti ini jika dibanding dengan yang lain terbilang paling aman. Karena kita bisa mengolahnya sendiri dan semua kendali ada di tangan kita. Meskipun tetap ada risikonya seperti rusaknya bangunan, telatnya biaya sewa dan sebagainya namun dari kesemuanya masih bisa diantisipasi.

2. Faktor eksternal tidak begitu mempengaruhi

Tidak seperti jenis investasi obligasi maupun saham dimana nilainya bisa sangat fluktuatif yang dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, politik, inflasi dan sebagainya. Untuk investasi properti tidak terpengaruh dengan faktor eksternal tersebut, tapi harganya juga tidak cepat berubah. Jadi harga dari sebuah rumah misalnya, tidak serta merta mengalami perubahan yang signifikan dalam waktu dekat.

3. Keuntungannya besar

Peluang untuk memperoleh laba yang cukup besar bisa anda dapatkan dengan berinvestasi properti. Bahkan banyak sekali pengusaha yang sukses dalam berinvestasi properti. Misalnya saja seperti di jakarta dimana perkembangan di bidang properti sangat pesat sehingga bagi investor yang berinvestasi disana akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

4. Bisa menggunakan uang pinjaman untuk investasi

Hal yang menarik dalam berinvestasi suatu properti yang mana dalam sistemnya dimungkinkan bagi seorang investor untuk meminjam uang dalam membiayai suatu investasi yang kita lakukan. berbeda dengan investasi lain yang semuanya bergantung pada kemampuan finansial yang kita miliki, namun untuk investasi properti ini memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran sekitar 20-30% saja sebagai uang muka kemudian sisanya bisa dengan meminjam uang ke bank.

5. Bisa memperoleh pendapatan rutin (cash flow)

Dengan berinvestasi properti kemudian anda menyewakan kembali, maka anda bisa mendapatkan pendapatan secara rutin untuk pemasukan serta bisa menjamin kestabilan keuangan yang anda miliki. Jadi apabila semakin banyak jumlah properti milik anda, maka cash flow yang anda dapatkan juga semakin besar pula.

Nah, apakah anda tertarik untuk menekuni bisnis di bidang investasi properti? Namun bagaimana cara memulainya?

  • Untuk memulainya maka anda harus menetapkan tujuan dari investasi tersebut. Apakah anda bertujuan untuk memperoleh pendapatan rutin setiap bulannya atau anda membeli properti untuk memperoleh keuntungan yang cukup besar dalam jangka waktu yang panjang sehingga nilai jual kembalinya akan berlipat-lipat.
  • Menentukan properti apa yang sesuai dengan tujuan awal anda berinvestasi.

Jadi apakah jenis properti rumah, tanah, ruko, apartemen dan sebagainya.

  • Lakukan suatu riset mengenai properti yang hendak anda beli.

Melakukan survey untuk mendapatkan informasi memang dirasa sangat penting, baik itu mengenai lokasi, fasilitas, keamanan, akses jalan serta untuk prospek kedepannya seperti apa. Sehingga dengan demikian anda dapat semaksimal mungkin untuk meminimalkan risiko yang bisa terjadi.

  • Carilah informasi mengenai suku bunga, harga umumnya dan juga harga sewa.

Hal ini perlu anda lakukan terlebih jika anda mempunyai rencana untuk menggunakan biaya tambahan dengan meminjam dari bank. Lakukan perbandingan dengan berbagai skema yang ada untuk pembiayaan serta pilihlah skema yang menguntungkan dan juga aman.

Demikian tadi keuntungan yang bisa anda peroleh dan juga bagaimana cara untuk memulainya, sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan atas investasi yang anda lakukan di bidang properti tersebut.