Keuntungan Investasi Properti Yang Menggiurkan

By on March 12, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,908 kali

Investasi PropertiInvestasi properti adalah satu dari sekian banyak jenis investasi yang ada. Properti itu sendiri adalah jenis usaha yang boleh dibilang sebagai jenis investasi dengan keuntungan yang menggiurkan. Bayangkan saja, jika anda memiliki kos-kosan saja, anda sudah bisa menikmati penghasilan pasif tanpa anda harus bekerja lagi setiap hari. Anda tinggal menunggu bayaran kos-kosan masuk ke rekening anda setiap bulannya atau setiap tiga bulannya, tergantung anda sendiri yang menentukan. Selain penghasilan pasif dari bisnis properti, anda wajib tahu bahwa nilai investasi properti dari tahun ke tahun semakin melonjak. Hal ini disebabkan oleh sedikitnya jumlah properti yang ada, namun kebutuhan akan properti, baik itu sebagai tempat tinggal sementara atau kontrak ataupun sebagai tempat indekos semakin meningkat. Namun, tidak setiap orang bisa memulai untuk berbisnis properti.

Bila anda ingin atau sudah tertarik berbisnis properti, anda harus memiliki budget yang besar. Budget itu untuk membeli rumah atau untuk membeli tanah lalu membangun rumah sebagai media investasi properti itu sendiri. Selain menyiapkan dana yang relatif besar, anda juga harus mempersiapkan banyak hal sebelum anda benar-benar membenamkan diri pada bisnis yang sangat menjanjikan ini. Anda harus melakukan sebuah penelitian mengenai pangsa pasar yang anda tuju. Berikut adalah langkah-langkah dalam penelitian tersebut. Yang pertama adalah anda diharuskan mengerti benar tentang pangsa pasar dan nilai pasar  yang akan muncul dalam bisnis  properti saat ini. Yang kedua, anda juga harus mampu untuk mengerti tentang hal-hal yang berkaitan dengan fisik dari properti yakni, luas bangunan, besar pajak bangunan, dan dokumen kepemilikan properti tersebut.

Hal ketiga adalah pengertian anda terhadap karakteristik dari properti yang anda ingin bisniskan. Ingat, karakteristik properti dapat berbeda-beda, tergantung kepada wilayah geografisnya masing-masing. Pastikan juga anda mempunyai jangka waktu tersendiri untuk menentukan kondisi properti yang akan anda jadikan investasi. Ingat bahwa jenis properti tertentu juga terkadang memiliki masanya sendiri-sendiri. Bila memang anda telah serius untuk berbisnis properti, penting bagi anda untuk mengetahui siapa target market anda. Apakah keluarga kecil, keluarga besar atau anak-anak perantauan. Selain target market, pelajari juga tentang pesaing-pesaing anda dalam bisnis properti ini. Anda bisa mempelajari apa kelebihan mereka dan apa kekurangan mereka, lalu anda menciptakan sendiri strategi anda yang berbeda dari pesaing-pesaing anda. Memang berbisnis properti memang tidak semudah bisnis jenis lain, namun bila anda tekun, mau belajar dari 0, bukan tidak mungkin anda akan menikmati keuntungan besar dari sebuah investasi properti.