Keuntungan Investasi Properti Untuk Tabungan Masa Depan

By on October 23, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,853 kali
Properti

Keuntungan Investasi Properti Untuk Tabungan Masa Depan

Satu dari banyaknya jenis investasi yang ada, investasi properti kini banyak diminati oleh investor lokal maupun asing. Investasi properti ini dapat saja dikatakan sebagai usaha yang merangkap sebagai investasi dengan berbagai keuntungan. Contohnya saja jika Anda memiliki kontrakan atau kos-kosan, Anda dapat memperoleh passive income yang lumayan setiap bulannya. Dan perlu diketahui jika harga properti semakin meningkat tiap tahunnya. Hal ini tentu saja baik sebagai investasi jangka panjang. Penyebab dari nilai properti yang semakin meningkat adalah karena kebutuhan akan properti yang terus saja meningkat, baik untuk tempat tinggal ataupun usaha.

Ada beberapa keuntungan investasi properti lainnya yang bisa saja memotivasi Anda untuk turut berkecimpung ke dunia ini. Mau tau?

1. Investasi Yang Low-Risk

Memang tidak ada satupun investasi yang tidak memiliki resiko, namun investasi properti ini termasuk ke dalam investasi yang low-risk. Ini merupakan keuntungan investasi properti yang cocok untuk Anda yang takut akan investasi high-risk, seperti investasi saham ataupun investasi finansial. Kenapa begitu? Ini dikarenakan Anda sepenuhnya memegang kendali dan mengelola sendiri investasi Anda. Namun tetap saja investasi properti memiliki banyak resiko seperti bangunan yang harus diperbaiki.

2. Keuntungan Yang Relatif Besar

Apa sih yang banyak dicari-cari oleh para investor? Tentu saja instrumen investasi dengan resiko yang minimun dan keuntungan yang maksimum. Nah, keuntungan investasi properti sangat cocok dengan pernyataan tersebut. Peluang keuntungan dalam investasi properti sangatlah besar. Sudah banyak orang yang sukses karena investasi properti. Memang harga sewa properti di Indonesia masih tergolong murah, jika dibandingan dengan negara lainnya seperti Singapura. Tapi nilai properti di Indonesia, terutama di kota-kota besar diperkirakan akan terus meningkat dalam waktu 3 tahun ke depan dan seterusnya diharapkan tidak mengalami berbagai masalah, seperti oversupply.

3. Tidak Dipengaruhi Faktor Eksternal

Investasi finansial, seperti obligasi ataupun saham memiliki nilai yang sangat fluktuatif karena dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal seperti suku bunga, situasi ekonomi politik dan tingkat inflasi. Sedangkan investasi properti nilainya berubah sangat lambat, meskipun terpengaruh faktor luar. Contohnya, harga sebuah rumah dapat berubah dalam waktu bulanan atau tahunan, bukannya dalam jangka waktu satu jam saja.

Selain ketiga keuntungan investasi properti yang sudah disebutkan, nyatanya masih banyak keuntungan investasi properti lainnya. Seperti passive income yang rutin dari hasil uang sewa, jika Anda menyewakan properti milik Anda. Setelah melihat betapa banyaknya keuntungan investasi properti, Anda mungkin sedikit tertarik untuk mencoba peruntungan di dunia investasi ini. Siapkan mental Anda dan tetapkan tujuan Anda dalam berinvestasi, setelah itu banyak menganalisa serta membuat strategi yang benar-benar tepat agar Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal. Semoga berhasil.