Keuntungan Investasi Emas

By on November 23, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 285 kali

Investasi Emas – Keuntungan investasi emas sangat banyak, terutama dalam hal persiapan keuangan di masa depan. Sejak dulu kala, emas memang disimbolkan sebagai elemen yang mendefinisikan kekayaan dan kesejahteraan. Hal itu tak pernah lepas dari fakta bahwa nilai tukar perdagangan pada dasarnya diawali dari emas. Namun sejak perubahan cara pandang manusia dalam lintas peradaban, nilai tukar pun digeser oleh mata uang. Alasannya supaya lebih praktis dan tidak menyulitkan para pelaku transaksi.

Jaminan di Masa Depan

Namun semenjak berbagai bentuk krisis keuangan melanda kehidupan manusia modern, emas pun kembali dilirik dan perlahan-lahan semakin meningkat jumlah peminatnya. Bandingkan saja dengan sejumlah model investasi di era modern sekarang ini. Ada banyak model investasi seperti tabungan, properti, saham, dan sebagainya. Namun mereka sangat rentan pada risiko inflasi atau krisis moneter yang berdampak pada penurunan harga.

Sementara itu, investasi emas telah terbukti sejak lama sebagai model simpanan yang akan menjamin masa depan. Meski didera oleh beberapa kali krisis dunia akhir-akhir ini, nilai emas justru semakin stabil dan malah lebih sering meningkat. Harganya yang stabil dikarenakan karena emas selalu mengikuti patokan standar dunia. Kelebihan semacam itu semakin menyadarkan masyarakat tentang pentingnya emas sebagai model investasi yang sangat menguntungkan di masa depan.

Keuntungan Investasi Emas

Ada sejumlah keuntungan besar yang diperoleh dari investasi emas. Kita buktikan saja dari nilai tukarnya dengan mata uang. Misalnya di tahun 1990, nilai tukar emas per gramnya sebesar 20.000 rupiah. Tapi sekarang ini, nilai per gramnya sudah mencapai 400.000 rupiah. Artinya, persentase kenaikan nilainya mencapai hingga 40 persen setiap tahun. Meski terjadi penurunan harga, persentasenya pun sangat kecil dan bahkan tak berpengaruh.
Keuntungan berikutnya adalah efektivitas dan efisiensi emas sebagai investasi. Kita bisa menggunakannya sewaktu-waktu untuk memenuhi sejumlah kebutuhan mendesak. Contohnya untuk biaya pengobatan, pendidikan, dan sebagainya. Hanya dengan menggadaikan atau menjualnya sudah bisa memperoleh jumlah uang yang besar. Pilihan menggadaikan emas lebih populer karena bisa mendapatkan uang besar tanpa harus melepaskan hak kepemilikannya dengan tanggung jawab angsuran berkala.

Investasi emas memang sangat menggiurkan apalagi jika sudah memilikinya dalam jumlah banyak. Namun bentuk fisik emas dirasa cukup merepotkan bagi sebagian orang karena harus selalu disimpan atau diletakkan dalam tempat yang paling aman. Kadang-kadang untuk membawanya pun bisa merepotkan jika hendak digadaikan atau dijual. Untuk kepemilikan emas di atas satu kilogram, disarankan untuk menyimpannya di bank. Hal itu untuk menjamin perlindungan keamanan atas kepemilikan emas tersebut. Konsekuensinya adalah harus membayar biaya tambahan untuk penyimpanan emas. Biaya tersebut bisa ditanyakan kepada pihak bank terkait dan konfirmasi dulu perihal jangka waktu penyimpanan dan besarnya biaya yang dibebankan.

Investasi Jangka Panjang

Wajib diingat bahwa emas akan sangat cocok untuk investasi jangka panjang, bukan jangka pendek. Jadi, jika berencana untuk menjualnya kembali harus memahami nilai jual emas pada waktu yang diprediksikan. Investasi dengan menggunakan emas batangan membutuhkan kelengkapan surat seperti sertifikat dan nomor serinya, sehingga hal itu mungkin akan terasa menyulitkan bagi sebagian pihak. Jika hendak melakukan investasi dengan emas batangan, disarankan untuk membelinya saat ada pelelangan yang umumnya diselenggarakan oleh pihak pegadaian. Emas dari hasil lelang biasanya tidak dibebani oleh pajak tertentu. Hal itu juga berlaku untuk emas perhiasan yang dilelang. Nah, itulah beberapa Keuntungan investasi emas.