Keuntungan Investasi Emas Berjangka yang Jadi Tren Saat Ini

By on May 30, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 604 kali

Investasi Emas – Keuntungan investasi emas berjangka saat ini tengah menjadi tren baru dalam dunia investasi karena dianggap menjadi jawaban bagi investor dengan modal yang terbatas dan memiliki keuntungan jangka panjang. Kontrak investasi berjangka adalah kontrak yang dijual belikan di bursa perdagangan dengan nilai investasi tertentu untuk membeli suatu aset tertentu dan bisa dimiliki oleh investor dengan cara pembayaran bertahap. Kemudian aset tersebut akan diserahkan pada investor sesuai dengan tanggal atau delivery date yang sudah ditentukan dengan harapan nilai aset sudah naik selama periode investasi.

Jika diterapkan pada investasi emas maka ilustrasinya menjadi seperti berikut. Anda ingin membeli emas seberat 1 kg untuk dijadikan investasi dengan harga 500 juta rupiah. Pembayaran dilakukan dengan mencicil sebesar 5 juta per bulannya, dengan demikian Anda harus membayar investasi selama 100 bulan. Selama masa pembayaran, aset emas belum bisa Anda pegang namun Anda akan diberikan surat hak milik yang menyatakan bahwa emas 1 kg tersebut adalah milik Anda. Setelah pembayaran investasi selama 100 bulan maka emas baru bisa Anda miliki seutuhnya dengan harapan harga emas akan mengalami kenaikan signifikan sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga investasi dan juga kenaikan harga emas. Berikut beberapa keuntungan investasi emas berjangka.

Modal kecil

Keuntungan investasi emas berjangka yang pertama adalah karena modalnya yang relatif lebih kecil ketimbang membeli emas batangan secara utuh. Investasi emas berjangka  mekanismenya mirip dengan invetasi saham yang sudah didukung dengan adanya teknologi online trading. Jadi pemilik kontrak emas akan bisa melihat pergerakan harga kontrak saham dan menentukan kapan waktu yang tepat untuk menjual dan kapan untuk membeli kontrak emas baru.

Jaminan keamanan

Investasi emas berjangka termasuk dalam komoditi perdagangan internasional. Adanya jaminan keamanan juga menjadi keuntungan investasi emas berjangka karena perdagangannya di Indonesia diawasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Bursa Komoditi). Adanya jaminan keamanan ini tidak lepas karena perdagangannya kini dilakukan dengan cara online yang lebih sulit untuk dikelola ketimbang menjualnya secara offline atau langsung. Selain itu perdagangan komoditi bursa berjangka juga sudah diatur dengan UU No. 10 tahun 2011 untuk memberikan perlindungan dan juga aturan bagi perdagangan bursa di Indonesia termasuk emas berjangka.

Secara psikologis juga memberikan rasa yang lebih tenang karena hanya memegang kontrak yang berupa kertas ketimbang menyimpang emas batangan yang bisa menarik perhatian orang-orang kriminal. Investasi emas berjangka tidak membutuhkan biaya tambahan karena pada emas batangan apabila disimpan di bank maka ada biaya tertentu.

Likuiditas yang tinggi

Perdagangan kontrak di bursa perdagangan memiliki likuiditas yang tinggi. Artinya Anda bisa mendapatkan keuntungan langsung dari aktivitas jual beli yang Anda lakukan. Inilah yang menjadi keuntungan investasi emas berjangka dibandingkan jenis investasi lain. Investasi properti misalnya yang semakin menjamur di Indonesia namun memiliki tingkat likuiditas yang cukup rendah. Karena biasanya orang ketika menyatakan ada rumah atau apartemen untuk dijual belum tentu sehari atau bahkan dalam satu bulan langsung ada penawar. Sedangkan pada investasi emas berjangka begitu Anda berada pada posisi jual maka sudah jaminan kontrak Anda akan langsung laku

Harga emas yang cenderung naik

Keuntungan investasi emas berjangka yang terakhir adalah karena harga emas yang cenderung mengalami kenaikan. Kenaikan ini akan terasa dalam jangka panjang karena ketika dalam jangka pendek harga emas justru fluktuatif atau naik turun, sama dengan harga saham. Oleh karena itu investasi emas berjangka ini cocok untuk prospek investasi jangka panjang. Demikian adalah beberapa keuntungan investasi emas berjangka.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty