Keuntungan dan Resiko Investasi Saham

By on December 22, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 482 kali

Investasi Saham – Setiap instrument investasi entah itu investasi reksadana, emas, properti maupun investasi saham pastinya memiliki peluang keuntungan dan tingkat resiko yang berbeda. Sebagai seorang investor profesional, tentu Anda harus mengetahui keuntungan yang bisa didapatkan dan resiko apa yang akan Anda hadapi ketika berinvetasi pada beberapa instrument investasi yang sudah disebutkan diatas. Dengan mengetahui kedua hal ini, Anda tentu akan menjadi lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Setiap resiko tentunya memiliki dampak yang beragam terhadap investasi yang Anda jalani.

Sebagai seorang investor, tentu Anda harus bisa membedakan mana yang resiko investasi dan mana yang kesalahan investasi. Resiko investasi merupakan kerugian yang bisa saja Anda temui ketika berinvestasi. Pada dasarnya, resiko tidak bisa dihilangkan, namun bisa diminimalisir. Sedangkan kesalahan investasi biasa terjadi ketika investor tidak berhati-hati dalam aktivitas investasinya. Anda jelas bisa menghindari kesalahan investasi ini.

Mengenal Keuntungan dan Resiko Saham

Saham juga merupakan salah satu instrument investasi, yang berupa sertifikat atau tanda bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan. Investor saham nantinya akan memiliki klaim atas aktiva dan penghasilan perusahaan. Investasi ini memberikan beberapa keuntungan yang bermanfaat untuk investor. Salah satunya adalah keuntungan dalam deviden atau sebagian dari keuntungan perusahaan. Keuntungan berikutnya adalah capital gain yang bisa didapatkan ketika Anda menjual saham yang Anda miliki lebih tinggi harganya daripada ketika Anda membelinya.
Sayangnya, meskipun banyak keuntungan yang bisa diperoleh, resiko investasi saham juga terus membayangi. Tidak selamanya pemegang saham bisa mendapakan dividen. Ketika perusahaan sedang anjlok, jelas tidak ada deviden yang dibagikan. Ini disebut sebagai resiko tidak mendapatkan deviden. Jika ada capital gain, maka selalu ada resiko capital loss. Berbanding terbalik dengan capital gain, capital loss terjadi ketika harga jual saham lebih rendah daripada harga belinya.

Ada pula resiko ekonomi bagi pemegang saham. Hal ini terjadi ketika terjadi krisis dan kondisi ekonomi yang memburuk, mengingat kondisi saham berbanding lurus dengan kondisi perekonomian. Bagitu perusahaan yang Anda beli sahamnya mengalami kebangkrutan, jelas akan terjadi dampak langsung pada Anda sebagai pemegang saham. Resiko investasi saham yang paling akhir adalah resiko delisting perusahaan dari bursa. Kondisi ini terjadi apabila sebuah saham dihapus pencatatannya dari Bursa karena beberapa alasan tertentu.

Seperti yang sudah disebutkan, resiko investasi saham memang tidak bisa begitu saja dihindari. Namun untuk menahan loss yang bisa terjadi, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk meminimalisir resiko tersebut. Salah satunya adalah dengan melakuka diversifikasi dan juga dengan melakukan pengkajian terhadap calon saham perusahaan yang akan Anda beli. Semoga bermanfaat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty