Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham – Resiko dan Untung dari Investasi Saham

By on January 27, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 672 kali

Investasi Saham – Jika Anda berniat untuk melakukan investasi saham, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja keuntungan dan kerugian investasi saham. Banyak hal yang perlu dicermati dari keuntungan dan kerugian investasi saham, beberapa diantaranya akan kami ulas dalam postingan ini.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham – Cermati Untung Rugi Investasi Saham

Jenis keuntungan dan kerugian investasi saham secara umum adalah sebagai berikut:

– Keuntungan: Dividen (baik perupa uang tunai ataupun dividen stock), Capital Gain (selisish dari harga jual saham yang lebih tinggi dari harga beli), dan saham bonus (diambil dari agio saham).

– Kerugian: Tidak mendapat dividen (biasanya dikarenakan perusahaan mengalami kerugian), Capital Loss (ketika harga beli saham lebih tinggi dari harga belinya, penjualan saham biasanya perlu dilakukan untuk mencegah potensi kerugian yang lebih besar), Perusahaan dilikuidasi karena bangkrut (dalam kondisi ini pemegang saham akan berada di posisi yang lebih rendah dari pemegang obligasi atau kreditor), saham di suspend (diberhentikan karena saham tidak dapat dijual oleh si pemodal karena banyak faktor), dan saham didelisit dari bursa (saham dikeluarkan dari catatan bursa efek dikarenakan beberapa alasan seperti kinerja perysahaan yang buruk atau bertujuan untuk Go Privat).

Singkatnya, keuntungan dan kerugian investasi saham sangat bergantung pada harga saham dan cara pengelolaan. Jika dikelola dengan baik, investasi saham akan menghasilkan keuntungan yang berkali – kali lipat meskipun modal yang ditanam sebenarnya bukan modal yang besar. Sedangkan jika harga saham mengalami penurunan, maka bisa dipastikan investasi yang ditanam sangat beresiko mengalami kerugian yang tidak kecil.

Oleh karena itu, investasi saham sangat cocok bagi Anda yang sangat siap dengan segala resiko dan berani mengambil resiko tersebut. Tidak perlu khawatir karena resiko kerugian yang besar dalam investasi saham juga diiringi dengan kemungkinan keuntungan besar yang bisa didapat.

Jika Anda tidak memiliki keberanian untuk mengambil resiko yang besar, maka investasi deposito lebih cocok bagi Anda dibandingkan dengan investasi saham. Investasi deposito memiliki resiko kerugian yang kecil, namun untung yang bisa didapat (dengan jumlah investasi yang hampir sama) biasanya tidak akan sebesar untung dalam investasi saham. Hal ini dikarenakan investasi deposito sangat bergantung pada jumlah modal investasi dan nilai bunga. Jika jumlah modal investasi tinggi maka bunga yang aka didapat juga tinggi. Sebaliknya, jika Anda hanya memiliki modal kecil, maka keuntungan yang akan Anda terima juga kecil. Sedangkan kelebihan dari investasi deposito adalah nilai bunga sebagai keuntungan investasi deposito biasanya lebih besar dari bunga tabungan biasa.

Demikian sedikit ulasan mengenai pentingnya mencermati keuntungan dan kerugian investasi saham sebelum Anda memutuskan menanam saham.

Incoming search terms: