Keuntungan dan Kerugian Investasi, Apa Saja Itu?

By on October 7, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,686 kali
Investasi

Keuntungan dan Kerugian Investasi, Apa Saja Itu?

Investasi hampir mirip dengan menabung namun dengan konsep berbeda. Terdapat keuntungan dan kerugian investasi memang. Lho? Sedangkan menabung saja sebenarnya kita mendapatkan kerugian juga namun tidak begitu kelihatan dan diperhatikan saja. Mari kita lihat berbagai jenis investasi yang ada – dengan keuntungan dan kerugiannya. Sebenarnya sih lebih tepat dikatakan sebagai “kekurangan”.

1. Investasi tabungan

Investasi dalam bentuk tabungan merupakan aktivitas menyimpan uang dimana kita bisa melakukan pengambilan kapan saja jika diperlukan. Keuntungannya adalah tabungan hampir tidak memiliki risiko kehilangan dana, namun kerugiannya adalah profitnya sangat sangat kecil dan tidak sebanding dengan inflasi.

2. Investasi deposito

Hampir mirip dengan konsep tabungan namun dengan bunga yang lebih tinggi dengan catatan tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Dana yang tersimpan juga relatif aman dan dijamin oleh pihak LPS.

3. Investasi reksadana

Investasi ini juga hampir mirip dengan investasi deposito yakni dengan menanamkan modal kita dalam jangka waktu tertentu. Sistem reksadana adalah dengan mengumpulkan dana dari investor secara kolektif yang kemudian diinvestasikan lagi. Kerugian dari investasi ini adalah kita harus memercayakan penuh dana kita pada pihak manajer investasi yang bisa saja pembagiannya nanti kurang sreg di hati.

4. Investasi saham

Investasi saham adalah investasi dalam bentuk kepemilikan terhadap sebuah usaha ataupun perusahaan. Kita akan menginvestasikan modal kita dan keuntungan diperoleh dari profit perusahaan. Namun, ada satu hal yang patut diperhatikan dalam investasi saham: High Risk High Return. Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan, bergantung pada kesiapan mental dan strategi kita.

5. Investasi dalam bentuk obligasi

Obligasi merupakan surat utang yakni bahwa kita memberikan utang pada sebuah perusahaan. Keuntungan yang kita peroleh adalah dari pembayaran bunga dalam suatu jangka waktu. Yang paling aman memang apabila memiliki surat utang dari negara namun biasanya bunganya kecil.

6. Investasi properti

Investasi properti adalah salah satu jenis investasi dengan keuntungan dan kerugian investasi yang lebih banyak untungnya. Caranyapun mudah dan dengan memperhatikan detil yang benar maka dijamin tidak rugi. Salah satu jenis investasi yang memang HARUS Anda miliki.

Investasi itu Wajib!