Ketentuan-Ketentuan Umum Pada Investasi Reksadana

By on February 2, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,314 kali
Reksadana

ReksadanaInvestasi reksadana adalah sebuah saran bagi para investor untuk mengembangkan bisnis maupun ekonominya untuk dijadikan sebagai media untuk menggapai keuntungan yang semakin lebih besar lagi sebagai penunjang hidup untuk kedepannya. Dalam kaitannya investasi reksadana ini mencakup beberapa jenis diantaranya adalah reksadana saham, obligasi, deposito, dan beberapa surat berharga lainnya. Dimana dari beberapa jenis reksadana tersebut mempunyai fungsi dan kebijakan masing-masing dalam menentukan proses berjalannya investasi tersebut. Namun agar secara lebih rinci kita mungkin bisa menjelaskan beberapa kaetentuan-ketentuan umum yang biasa dijadikan sebagai acuan dalam menjalankan bisnis investasi reksadana ini.

– Investasi Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan kembali dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.
– Manajer Investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah.
– Portofolio Efek adalah kumpulan efek yang dimiliki secara bersama (kolektif) oleh para pemodal dalam Reksa Dana.
– Emiten adalah perusahaan yang menerbitkan Efek untuk ditawarkan kepada public
– Efek adalah surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek, dan setiap derivatif dari efek.
– Prospektus adalah setiap informasi tertulis sehubungan dengan Penawaran Umum dengan tujuan agar pihak lain membeli Efek
– Bank Kustodian adalah pihak yang kegiatan usahanya adalah memberikan jasa penitipan Efek dan harta lain yang berkaitan dengan Efek serta jasa lain, termasuk menerima deviden, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi Efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Dengan adanya ketentuan-ketentuan diatas, mungkin nantinya bagi anda yang akan menjalankan bisnis investasi reksadana ini semakin bisa lebih mudah untuk memahami apa itu sendiri yang dinamakan dengan investasi reksadana. Dan sekiranya nantinya dengan memahami ketentuan atau pedoman diatas diharpakan untuk menjalankan bisnis ini bisa semakin lebih mudah lagi, karena ini adalah sebuah pedoman dasar dengan memahami apa itu sendiri yang dinamakan dengan reksadana, dan pedoman ini digunakan untuk menjalankan bisnis reksadana yang lebih jauh lagi, jika dasarnya saja belum bisa kenapa harus yang mempelajari yang lebih sulit lagi? Untuk itu meskipun sepertinya standar, ini adalah pokok utama yang harus diketahui sebelum langsung terjun untuk menjalankan reksadana.