Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Investor

By on June 17, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 204 kali

Investasi Saham – Investasi saham memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Tetapi ternyata masih banyak investor yang melakukan kesalahan ketika berinvestasi. Kesalahan ini yang membuat investor mengalami kerugian besar dan tidak bisa sukses menjalankan investasi online. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh investor dalam transaksi saham.

Tidak Menetapkan Batas Toleransi Kerugian

Tidak ada orang yang dapat memastikan bahwa harga saham yang telah dibeli tidak akan pernah turun di bawah harga beli. Seorang investor pasti tidak bisa menghindar dari fluktuasi harga saham. Tetapi terdapat batas yang harus dibuat untuk menjadi batas toleransi. Seharusnya investor bisa keluar dari bursa saham saat dia mengalami kerugian yang terlalu besar atau melihat tanda-tanda yang kurang begitu bagus. Tetapi investor tetap manusia, mereka dapat melakukan tindakan karena terbawa oleh emosi. Mereka tidak mau menyerah menerima kerugian kecil tersebut sehingga mereka memutuskan untuk menunggu sampai akhirnya kerugian tersebut semakin besar. Ini merupakan kesalahan pertama yang fatal. Investor tidak sadar bahwa sifat bursa sangat spekulatif dan mempunyai risiko yang tinggi. Seharusnya anda menghentikan kerugian kecil tersebut sebelum bertambah besar. Jika saham anda turun sampai 8%, maka anda harus menjual saham tersebut. Jika saham anda turun 5%, maka anda bisa menjual setengah saham anda. Jika harga saham anda semakin menurun sampai 10%, maka jual lagi setengah saham anda. Dengan menerapkan batasan tersebut, anda bisa bertahan dan menangkap peluang berikutnya.

Membeli Saham Murahan

Masih banyak orang yang berpikir bahwa membeli saham yang masih mempunyai harga 100 lebih baik daripada membeli saham yang mempunyai harga 500. Mereka berpikir bahwa uang yang mereka keluarkan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Menurut beberapa orang, saham dengan harga 100 masih dapat meningkat menjadi 5000.  Saham yang bernilai 5000 memiliki kemungkinan kecil untuk dapat naik lagi. Padahal pendapat seperti ini sangat tidak masuk akal. Harga saham naik bukan disebabkan oleh berapa harga saham tersebut saat ini tetapi dari faktor prospek bisnis, kinerja perusahaan dan sebagainya.

Ingin Cepat Kaya

Para investor baru yang di awal investasi sudah mendapatkan keuntungan sering berpikir bahwa mereka memang pintar. Dalam kondisi bursa yang mengalami tren naik memang wajar jika seorang investor yang memilih saham asal-asalan bisa mendapatkan keuntungan. Mereka akan semakin cepat membeli saham tersebut tanpa mempertimbangkan grafik pergerakan harga saham dan fundamental. Saham yang ramai diperdagangkan adalah saham yang akan mereka beli. Ketika situasi sedang tidak mendukung, mereka telah untuk mengambil langkah dan tentu saja mengalami kerugian. Anda akan segera bangkrut jika tidak melakukan persiapan yang matang dan meningkatkan keterampilan serta memahami metode pembelian saham.

Tidak Dapat Memilih Informasi

Kerabat, konsultan, sahabat, dan pialang bisa menjadi sumber informasi yang menyesatkan. Hanya ada sedikit investor yang sukses yang bisa dijadikan sebagai panutan. Konsultan investasi belum tentu lebih cerdas jika dibandingkan dengan para dokter. Kemungkinannya adalah satu dari sepuluh investor yang dapat memberikan informasi yang akurat. Pemain yang hanya berlatar belakang lulusan dari sebuah universitas bukanlah pemain profesional.

Takut dengan Saham Berharga Tertinggi

Anda bisa membedakan mana saham yang dapat menembus harga tertinggi dengan cara melihat grafik harga saham. Kebanyakan investor takut dengan harga saham yang melaju tinggi.  Tetapi pendapat dan perasaan investor tidak akurat seperti infromasi yang dapat diberikan oleh gerakan bursa tersebut. Grafik akan memberikan informasi yang lebih banyak daripada opini yang tidak objektif tentang transaksi di investasi saham online.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty