Kenapa Berinvestasi Saham?

By on July 23, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 327 kali

Investasi Saham – Mungkin banyak dari anda yang bertanya kenapa anda harus melakukan investasi saham. Investasi saham ini bukan hanya menjanjikan keuntungan namun juga terdapat resiko sehingga anda bisa lebih berhati-hati dalam melakukan investasi. Jika anda tidak berani melakukan investasi saham karena anda takut akan resiko yang mungkin akan terjadi, anda salah besar. Hal ini dikarenakan setiap investasi pasti ada resiko. Semakin besar investasi yang anda lakukan maka akan semakin besar resikonya. Berikut keuntungan yang anda dapatkan jika melakukan investasi saham:

1. Capital gain
Ini merupakan keuntungan yang didapatkan jika ada kelebihan dari hasil jual atau beli saham. Saham ini berbeda dengan lainnya karena pemodal bisa mendapatkan untung yang lebih besar dalam waktu yang relatif singkat. Saham ini memiliki resiko yang sangat tinggi walaupun keuntungan yang didapatkannya sangat besar. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar maka anda harus mengambil keputusan yang tepat dengan jangka waktu yang singkat.

2. Dividen
Ini merupakan keuntungan yang didapatkan dari perusahaan yang membagikan keuntungannya untuk para pemegang saham. Namun tidak seluruh keuntungan yang didapat oleh perusahaan akan dibagikan kepada pemegang saham karena keuntungan tersebut harus ditanam kembali. Dividen ini ditentukan melalui rapat umum pemegang saham (RUPS) dengan jumlah yang telah disepakati. Jika perusahaan tidak mendapat untung maka tidak ada pembagian dividen.

Jenis-jenis investasi saham

Investasi saham ini sangat berbeda-beda antara satu sama lain. Berikut jenis-jenis dari investasi saham:

1. Investasi saham unggulan
Saham ini bisa jadi dikategorikan sebagai investasi saham terbaik karena dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman sehingga saham ini tidak mudah hancur. Namun saham ini dijual dengan harga yang cukup mahal jika anda tidak mempunyai modal yang besar. Investasi saham unggulan ini bisa dijadikan investasi saham jangka panjang karena anda baru mendapatkan profit yang lumayan besar setelah anda melakukan investasi selama bertahun-tahun.

2. Investasi saham musiman
Investasi saham musiman biasanya hanya akan terjadi pergerakan signifikan hanya pada saat-saat tertentu seperti hari raya atau hari penting lainnya. Investasi ini hanya cocok untuk dijadikan investasi jangka pendek karena hanya menghasilkan pada saat tertentu saja.

3. Investasi saham biasa
Investasi saham biasa adalah investasi saham umum, sebagian besar investasi saham ini terdapat di bursa saham. Anda bisa memilih beragam investasi saham biasa yang anda inginkan. Investasi saham ini mendapatkan keuntungan yang berasal dari dividen dan selisih harga jual atau beli dari saham.

Tips untuk berinvestasi saham

Untuk memulai investasi saham maka anda perlu mempunyai tips agar bisa berinvestasi saham dengan aman. Berikut tips untuk berinvestasi saham yang bisa anda ikuti:

1. Setelah anda mempunyai sasaran investasi saham yang anda kehendaki maka langkah selanjutnya adalah melakukan penyelidikan. Anda harus melakukan penyelidikan untuk melihat performa dari investasi saham yang menjadi sasaran anda. Anda harus melihat latar belakang dari manajer investasi. Selain itu, anda juga harus memahami propektus dari investasi saham yang anda inginkan tersebut.

2. Anda harus mempunyai informasi yang cukup mengenai segala berita terbaru dari perusahaan investasi yang menjadi sasaran anda. Anda bisa melihat berita terbaru dari perusahaan investasi saham yang anda inginkan.

3. Anda harus mempunyai kemampuan yang baik dalam menganalisa tren pasar yang terdapat dalam bursa efek. Anda harus bisa mengambil tindakan yang cepat dan tepat dalam melakukan investasi saham ini.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty