Kenali “Partner” Anda Dalam Ber-Trading Saham

By on November 29, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 601 kali
Investasi Saham

Investasi Saham – Sebagai seorang investor, kita perlu untuk mengetahui partner dagang kita, selain itu juga harus memahami kesepakatan mengenai cara berdagangnya seperti apa? perannya bagaimana? dan juga kesepakatannya seperti apa? Jadi semua itu perlu dibuat sejak awal. Dengan begitu apabila seorang investor hendak memulai bertrading, sejak awal para investor telah mengetahui di perdagangan nanti ada siapa-siapa saja dan memiliki peran seperti apa. Hal ini semata-mata untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan akibat ketidakpahaman seorang investor.

BEI atau bursa efek Indonesia merupakan tempat seluruh transaksi saham yang ada di Indonesia berlangsung. Segala peraturan maupun ketetapan agar seluruh kegiatan bertransaksi saham bisa lancar berjalan. BEI sendiri memiliki hak dalam memutuskan sebuah keputusan agar sebuah transaksi dapat berjalan dengan lancar. Salah satu yang menjadi otoritas dari BEI yaitu apabila ada perusahaan yang suspen dengan suatu alasan tertentu, yang berhak untuk memutuskan suspen tersebut ialah BEI sendiri.

BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan)

Peranan daripada BAPEPAM yaitu menindak lanjuti serta untuk mengantisipasi suatu kejadian yang tidak diinginkan, misalnya seperti kasus penyalahgunaan atau penyelewengan dana nasabah. Didalam undang-undang pasar modal sendiri disana juga disebutkan mengenai wewenang dari BAPEPAM apa saja.

KPEI (Kliring Penjamin Efek Indonesia)

Kegiatan dari seorang pelaku investasi serta para perusahaan dalam bursa ialah melakukan jual beli. Pastinya dalam satu hari saja akan ada banyak macam transaksi keuangan diantara bank yang terkait. Oleh karena itu dibutuhkannya satu lembaga yang dapat menampung semua serta mencatat segala transaksi kliring yang hasilnya nanti dapat untuk dipertanggung jawabkan. Untuk kepentingan seperti inilah mengapa dibentuk KPEI yang mana merupakan suatu pihak penyelenggara jasa kliring serta penjaminan atas penyelesaian transaksi yang terjadi di bursa.

Tugas daripada KPEI itu sendiri adalah melakukan pengawasan serta melaksanakan maupun menjamin semua jenis transaksi kliring yang terjadi di bursa supaya bisa berjalan dengan baik, lancar dan efisien.

KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia)

Seluruh dana para pelaku investasi yang sedang melakukan transaksi-transaksi di bursa akan disimpan oleh bank kustodian, dan bukan disimpan oleh pialang maupun oleh personal atau individu. Namun hanya bank kustodian lah yang menyimpannya secara keseluruhan. Bank kustodian memiliki peranan sebagai seorang wali untuk para investor. Apabila sudah waktunya pembagian deviden tiba dari perusahaan, maka para emiten akan mengalihkan semua dananya kepada bank kustodian, baru kemudian dana tersebut akan dibagian kepada para investor pemegang saham. Hal ini bertujuan agar menghindari terjadinya penyelewengan dana dari investor. KSEI memiliki peran sebagai wakil dari investor. Jadi peran dari bank kustodian mencakup seluruh perdagangan pada pasar modal. Diantaranya yaitu dalam penyimpanan surat obligasi atau yang biasa disebut save box.

Tugas daripada KSEI melakukan pencatatan maupun membukukan segala catatan transaksi atas penitipan dana dari segala pihak.

Pialang

Pialang saham atau perusahaan sekuritas atau broker merupakan perusahaan yang memiliki peranan sebagai perantara untuk investor dengan bursa. Hal tersebut telah menjadi peraturan dari BEI.

Lalu apa fungsi dari pialang? apabila kita ingin mencoba bermain saham, maka kita bisa membuat rekening saham melalui pialang. Selain itu menjelaskan serta memberikan suatu pembelajaran saham kepada para investor juga merupakan tugas dari perusahaan pialang. Jadi maksudnya pialang ini merupakan perantara bagi para investor dengan bursa. Sehingga kita tidak perlu repot datang ke BEI hanya untuk keperluan membuat rekening saham.

Itulah “partner” yang harus anda ketahui dalam berinvestasi saham. Pihak-pihak tersebut mempunyai peran yang sangatlah penting. Jadi semua itu tujuannya untuk memberikan suatu kenyamanan ketika bertransaksi saham, dengan demikian para investor tidak lagi takut untuk mulai menginvestasikan dananya. Dengan kita mengetahui dan mengenali pihak-pihak terkait sebagai partner bertrading maka investor tidak akan khawatir lagi.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty