Kenali Jenis-jenis Investasi Emas

By on April 14, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,092 kali

Investasi emas merupakan cara investasi yang saat ini menjadi pilihan banyak orang karena dari segi manfaat juga keuntungan investasi dengan emas adalah mempunyai nilai harga yang stabil dan tidak termakan inflasi. Ada beberapa jenis investasi emas diantaranya adalah emas perhiasan, emas batangan dan juga emas koin. Emas perhiasan memang hampir setiap orang terutama kaum wanita memiliki emas perhiasan ini, selain digunakan untuk mempercantik diri juga ada yang memanfaatkannya sebagai modal investasi. Akan tetapi emas perhiasan ini mempunyai kekurangan jika digunakan untuk berinvestasi, yaitu harga emas perhiasan akan berbeda ketika model dan bentuknya sudah tidak up to date lagi ini akan mempengaruhi harga jual kembali, dan juga akan ada potongan untuk biaya pembuatannya. Untuk emas batangan dan koin ini sepertinya masih banyak yang merekomndasikannya karena tidak terpatok pada bentuk dan ukurannya.

Emas batangan dan koin tersebut dijadikan pilihan sebagai investasi emas pilihan karena selain tidak terpengaruh model dan bentuknya, juga tidak ada potongan kembali untuk biaya jasa pembuatannya. Namun diantara emas batangan dan koin ini mempunyai kadar ukuran beratnya masing-masing. Jika anda memutuskan untuk investasi emas batangan mungkin anda harus mempunyai cukup banyak uang untuk membelinya, karena pada emas batangan ini tidak tersedia dalam ukuran 1 gram, lain halnya jika pada emas koin yang mempunyai ukuran minimal 1 gram. Ini tinggal menyesuaikan tingkat kebutuhan dan kemampuan anda dalam berinvestasi emas ini.

Mungkin jika anda termasuk orangnya tekun dan rajin dan tidak belum cukup mempunyai banyak dana yang besar, disarankan agar memilih investasi emas koin saja, karena jika investasi emas koin ini dilakukan secara rutin semisal membelinya setiap bulan 1 gram maka akan dihasilkan 12 gram tiap tahunnya. Dan jika sudah terkumpul banyak kalau ingin menggunakannya tinggal dijual kembali melalui perum pegadaian dengan tidak ada pengurangan biaya potongan pembuatan dan tidak mengenal bentuk yang up to date. Semua jenis investasi emas ini sangat baik dilakukan akan tetapi tinggal keputusan anda sendiri mau memilih jenis investasi emas apa.

Semuanya tergantung dari tingkat kebutuhan masing-masing dan kemampuan untuk berinvestasi. Sangat dianjurkan jika berinvestasi menggunakan uang yang memang benar-benar ‘free’ tidak uang yang untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, agar anda bisa mempertahankan investasi tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama lagi, tidak sebentar-sebentar beli emas dan kemudian menjualnya kembali karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.