Kelebihan dan Kekurangan Memilih Investasi Properti

By on February 5, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 449 kali

Investasi Properti – Investasi properti yang menguntungkan memang dijadikan instrumen investasi favorit, bahkan menurut sebuah survei dari lembaga keuangan di September 2015 menunjukan bahwa kondisi ekonomi yang sedang lesu tidak membuat investor di Indonesia berhenti untuk berinvestasi pada bidang properti. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan memilih investasi pada bidang properti? Berikut ini adalah penjelasannya.

Kelebihan memilih investasi properti

Berikut ini adalah kelebihan melakukan investasi pada bidang properti.

  1. Harga yang cenderung naik
    Meski kondisi perekonomian melambat tetapi harga properti akan terus tumbuh, bahkan menurut survei Bank Indonesia pada kuartal II tahun ini bahwa harga properti di Indonesia rata-rata tumbuh 5.95 persen.
    Pertumbuhan harga properti memang sangat ditentukan oleh pilihan lokasi. Jika lokasinya  prospektif, maka harganya pun cenderung naik lebih cepat. Selain itu, lokasi dengan beragam akses dan  infrastruktur pendukung, seperti area bisnis, pendidikan, kesehatan dan hiburan  juga membuat harga properti cenderung naik
  2. Sumber pendapatan
    Memilih untuk berinvestasi properti membuat investornya memperoleh dua sumber pendapatan, yaitu penjualan dan penyewaan. Keuntungan yang diperoleh dari penjualan merupakan selisih dari harga beli dan jual (capital gain). Tetapi agar investor memperoleh kuntungan optimal, maka investor juga harus menghitung biaya-biaya di luar harga beli, seperti komisi untuk agen properti, biaya notaris, bea balik nama, pajak, biaya asuransi, hingga biaya pemeliharaan.
    Sementara keuntungan yang diperoleh dari penyewaan properti adalah pendapatan rutin selama properti tersebut disewakan. Namun, sebelum memutuskan untuk menyewakan properti, investor harus memiliki estimasi nilai properti saat ini agar bisa menentukan  harga sewa yang pantas. Penentuan harga sewa biasanya berpatokan pada harga di sekitar kawasan properti berada, termasuk menghitung biaya-biaya yang harus dikeluarkan selama masa penyewaan, seperti biaya perawatan dan pemeliharaan, biaya promosi, dan biaya yang lainnya

Kekurangan memilih investasi properti

Berikut ini adalah kekurangan melakukan investasi pada bidang properti.

  1. Investasi mahal
    Investasi properti merupakan investasi kelas berat, sebab investor setidaknya harus memiliki dana minimal ratusan juta rupiah agar bisa memiliki sebuah properti. Untuk itu tidak heran jika investasi pada bidang ini dikenal sangat mahal.
  2. Likuiditas rendah
    Investasi properti berbeda dengan investasi lainnya seperti, saham, reksadana, atau emas. Sebab tingat likuiditas yang rendah membuat properti sulit untuk dicairkan. Karena hal ini pula investor harus memiliki perkiraan waktu yang tepat untuk menjual propertinya agar tidak mengalami kerugian. Namun yang sangat sulit dihindari adalah pemilik properti yang  ingin menjual propertinya secara cepat karena membutuhkan uang tunai dengan cepat.

Diluar kelebihan dan kekurangan melakukan investasi pada bidang properti yang perlu Anda lakukan sebelum berinvestasi pada instrumen apa pun adalah tujuan berinvestasi. Tujuan berinvestasi selalu memegang peran penting dalam berinvestasi, sebab tujuan ini merupakan latar belakang mengapa Anda memilih untuk berinvestasi.
Selain tujuan, risiko berinvestasi juga patut diperhitungkan. Risiko disini bukan hanya bagi Anda sebagai investor tetapi juga instrumen investasi  yang Anda pilih, sebab tidak semua kebutuhan di masa depan cocok dengan instrumen investasi pada bidang properti.

Serta yang tidak kalah penting adalah potensi keuntungan ketika berinvestasi pada jenis properti yang ada, seperti rumah kos, rumah kontrakan, ruko, apartemen, kondominium, toko atau ruang kantor, biasanya akan berpengaruh pada jangka waktu berinvestasi. Hal ini perlu dipertimbangkan agar Anda tidak salah menentukan investasi properti yang menguntungkan.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty