Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas yang Jarang Diketahui

By on February 8, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 623 kali

Investasi Emas – Melakukan kegiatan apapun pada setiap instrumen investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jika dibedakan secara garis besarnya, instrumen investasi ini dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah paper asset atau aset yang berupa portofolio, seperti saham option, surat berharga dan reksadana. Kemudian yang kedua adalah real asset atau aset yang memiliki wujud asli dan dapat kita lihat serta pegang. Salah satu contoh produk dari real asset ini adalah logam emas. Banyak sekali kelebihan dan kekurangan investasi emas yang belum diketahui.

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sudah lama berada di Indonesia. Daya tarik emas pernah membuat logam mulia ini dijadikan menjadi alat pertukaran di seluruh belahan bumi. Meskipun sudah tidak lagi, namun logam mulia ini masih sering dijadikan alat berinvestasi. Sebagaimana instrumen investasi lainnya, ada kekurangan dan kelebihan dalam investasi emas.

Kelebihan Investasi Emas

1. Pada prinsipnya, investasi emas adalah salah satu investasi yang sederhana. Anda hanya perlu memiliki emas secara fisik dengan cara membelinya, entah itu dalam bentuk batangan, koin, atau perhiasan. Kemudian emas tersebut disimpan dalam waktu yang sudah direncanakan. Kemudian emas tersebut dijual ketika Anda tengah membutuhkan dana.

2. Liquiditas yang tinggi adalah kelebihan utama dari investasi emas. Ketika tengah membutuhkan uang, Anda bisa menjual emas tersebut langsung ke toko emas atau memilih menggadaikannya. Apapun itu, emas adalah barang yang sangat mudah diuangkan kapan saja.

3. Harga emas cenderung naik setiap tahunnya. Kenaikan paling tinggi harga emas berlangsung mulai dari tahun 2007 sampai 2011. Kemudian harganya mulai goyah dan kembali stabil.

4. Dapat dikatakan jika investasi emas sangat cocok menjadi cadangan investasi lain. Ada istilah “Jangan menaruh telur di dalam satu wadah”. Benar sekali, jika wadah tersebut jatuh, maka semua telur yang Anda miliki pecah semua. Berbeda dengan telur yang ditaruh pada wadah yang tidak sama. Begitulah cara kerja investasi. Anda bisa menjadikan investasi emas sebagai diversifikasi investasi yang lainnya.

Kekurangan Investasi Emas:

1. Bahaya dari investasi emas adalah kerugian yang dihasilkan ketika emas tersebut hilang. Jadi dibutuhkan tempat penyimpanan khusus yang tentu membutuhkan biaya tambahan.

2. Meskipun harganya cenderung naik, namun harga logam mulia ini tentu bisa mengalami guncangan. Faktanya nilai emas cenderung fluktuatif. Banyak resiko nilainya turun meskipun secara jangka panjang harganya akan cenderung naik.

3. Emas sangat tidak cocok menjadi investasi untuk jangka waktu yang pendek. Ketika Anda membeli emas hari ini, lalu kemudian langsung dijual keesokan harinya, kemungkinan perbadingan harga beli dan jualnya adalah 3% – 4%.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi emas, Anda bisa berjaga-jaga agar tidak merugi dalam berinvestasi emas. Idealnya, investasi emas adalah investasi yang baik dilakukan dalam jangka waktu minimal satu tahun. Selamat berinvestasi.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty