Keadaan Investasi Properti di Indonesia yang Bisa Sangat Menguntungkan

By on August 5, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 306 kali

Investasi Properti – Tahukah bagaimana keadaan investasi properti di Indonesia sekarang ini? Jawabannya: Makin menarik! Hal ini ditegaskan oleh Panangian Simanungkalit selaku pengamat properti yang bahkan berujar investasi properti di Indonesia adalah yang terbaik di dunia. Hal tersebut didasarkan 3 alasan utama berikut ini:

1. Terdapat 14 juta dari total 61 juta keluarga yang menetap di Indonesia belum punya rumah.
2. Pihak pemerintah sendiri mengalami kesulitan untuk menyediakan rumah bagi para keluar kelas menengah ke bawah. Lihat saja data permintaan terhadap rumah sebanyak 900.000 unit setiap tahunnya namun pasokan hanya bisa 80.000 unit per tahun.
3. Segmen pasar investasi properti di Indonesia sangat terbuka luas hingga pasar kelas paling bawah juga. Sementara di luar negeri, pasar kelas menengah ke bawah hanya tertutup pada investor dan pengembang yang dikendalikan oleh pemerintah.

Sempat Pasang-Surut

Memang keadaan investasi properti di Indonesia sempat mengalami pasang surut. Namun pasca-krisis ekonomi global pada tahun 2008 lalu, jenis investasi ini kembali dilirik. Permintaan dan pertumbuhan harga meningkat. Tidak hanya jenis properti rumah tetapi juga properti komersial juga properti kawasan industri bahkan mencetak penjualan tertinggi pada tahun 2011 yang lalu. Keuntunganpun semakin meningkat karena harga properti yang mengalami lonjakan cukup tinggi bahkan dalam waktu kurang dari setahun.

Tahukah Anda bahwa investasi properti di Indonesia sangat diminati oleh orang-orang kaya yang ada di Indonesia? Ini karena anggapan bahwa nilai pengembaliannya paling menguntungkan. Bahkan nilai pengembalian tersebut bisa mencapai 100% hanya dalam waktu 6 bulan! Alasan lainnya adalah properti juga tidak harus dijual melainkan dapat disewakan. Tidak seperti emas, apakah Anda bisa menyewakannya? Mungkin bisa juga tetapi dengan kemungkinan emas bisa hilang. Properti sendiri tidak akan bisa hilang.

Bagi Anda yang tidak memiliki dana yang sangat banyak tetap bisa berinvestasi dalam sektor ini. Apabila tidak bisa membeli bangunan tinggi, Anda bisa berinvestasi properti berupa rumah tapak. Untuk yang memiliki dana sangat banyak, pasar properti untuk kelas pasar menengah dengan cakupan pasar pengguna akhir atau end-user merupakan opsi terbaik.

Keadaan investasi properti di Indonesia pada kesimpulannya sedang menggeliat naik secara cukup signifikan. Melambungnya harga properti bisa menjadi dua gaungnya. Yang pertama investor yang memiliki banyak dana semakin banyak keuntungan namun untuk pasar menengah ke bawah juga mengalami peningkatan harga. Oleh karenanya, pemerintah sendiri harus bisa menyiapkan mekanisma terkait bank tanah untuk para masyarakat dengan penghasil rendah.

Nah, bagaimana dengan Anda? Melihat keadaan investasi properti di Indonesia yang terus mengalami peningkatan, jangan sampai kalah! Properti akan semakin sulit diperoleh, oleh karena itu persiapkan dari sekarang! Salam sukses!